Berita

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama BPTP Balitbangtan NTB Dengan Tim Penggerak PKK Provinsi NTB

Pin It

Melambungnya harga komoditas cabai dalam beberapa waktu belakangan ini telah membuat Kementerian Pertanian mengambil sikap dengan memerintahkan seluruh jajarannya untuk bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK provinsi melaksanakan gerakan tanam cabai nasional dengan memanfaatkan pekarangan rumah tangga. Dalam rangka mendukung gerakan tersebut, BPTP-Balitbangtan NTB telah mewujudkan kerjasama dengan TP PKK Provinsi NTB yang dituangkan dalam naskah perjanjian  kerjasama Penanda tanganan naskah PKStersebut dilaksanakan pada saat Rapat koordinasi Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi NTB tahun 2017 yang mengangkat tema “Sinergitas TP PKK Provinsi NTB Dengan SKPD Dalam Akselerasi Pencapaian Indikator RPJMD 2013-2018”. Acara diawali dengan penandatanganan PKS Mendukung Gerakan Nasional Tanam Cabe antara Ketua TP PKK, Kepala BPTP Balitbangtan NTB dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, serta penyerahan secara simbolik petunjuk teknis teknologi budidaya cabe oleh Kepala BPTP-Balitbangtan NTB.

Acara Rapat koordinasi TP PKK dipimpin oleh Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Erica Zainul Majdi, yang  dilaksanakan di ruang pertemuan Pandopo Gubernur NTB pada Rabu (25/01/2016). Peserta yang hadir sekitar 70 orang terdiri dari semua Pimpinan SKPD Provinsi NTB, Kepala Balai Pusat Konsumsi Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Kepala BPTP Balitbangtan  NTB, dan anggota TP PKK Provinsi NTB.

Erica dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kerjasama semua SKPD yang telah bekerjasama selama tahun 2016 dengan program yang telah bersinergi antara SKPD terkait dan TP PKK. Diharapkan SKPD  memaparkan beberpa program yang dapat bersinergi dengan TP PKK di tahun 2017 sehingga TP PKK akan langsung bergerak.

Kepala  BAPPEDA Provisnsi NTB Ir. Ridwansyah MSi menyampaikan bahwa program yang bisa bersinergi dengan TP PKK khususnya program pada Dinas Ketahanan Pangan antara lain; pelatihan pangan lokal untuk meningkatkan pemahaman anggota PKK dalam upaya penganekaragaman konsumsi pangan, mempersiapakan lahan untuk penanaman berbagai jenis tanaman syuran  dan  mengupayakan serta pengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan melalui HATINYA PKK oleh masyarakat NTB.

Semantara Kepala Dinas Ketahanan Pangan dalam pemaparanya menegaskan kembali arahan Gubernur NTB bahwa cabe memberikan kontribusi terhadap terjadinya inflasi, termasuk kebutuhan daging ayam dan telur sehingga Dinas  Ketahanan Pangan akan bersinergi dengan  PKK pada tahun 2017  dengan melakukan pembinaan kepada KWT dalam memanfaatkan pekarangan rumah melalui slogan “TANCAB GAS DI HATINYA PKK” (Tanam Cabe terintgrasi dengan  Uggas  di halaman Asri, Teratur dan Nyaman),  sebagai implementasi Gerakan Nasional  Tanam Cabe yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian.

Kepala BPTP-Balitbangtan NTB Dr. Ir.M. Saleh Mokhtar dalam  sambutannya  menyampaikan bahwa BPTP Balitbangtan NTB akan melaksanakan pendampinagn teknologi mendukung program TANCAB GAS DI HATINYA PKK. “Dukungan yang akan diberikan  BPTP Balitbangtan NTB dalam bersinergi dengan TP PKK adalah menyiapkan tenaga pendamping teknologi, benih cabe dan Juknis teknologi budidaya cabe di pekarangan serta akan melakukan publikasi melalui TVRI, RRI maupun pembuatan leaflet” demikian ditegaskan Saleh Mokhtar.

Semua SKPD yang hadir memaparkan dan memberikan saran beberapa program yang dapat bersinergi dengan TPP KK Provinsi NTB, semua saran akan ditindak lanjutiti oleh semua pengurus TP PKK baik ditingkat provinsi sampai ke tingkat Desa.(MF.Matenggomena)

Web Analytics