Berita

Kunjungan Koordinasi BPTP Balitbangtan NTB Memperkuat Gerakan Nasional Tanam Cabe Di NTB

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan NTB pada tahun 2011-2014 telah melakukan pendampingan terhadap beberapa kelompok wanita tani melaaui program m-KRPLdemi mewujudkan ketahanan pangan dalam skala rumah tangga, terutama dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam berbagai macam jenis sayuran termasuk tanaman cabe.

Untuk mengatasi permasalahan melonjaknya harga cabe pada saat ini diperlukan penguatan kembali katahanan pangan rumah tangga.  Untuk penguatan  ketahanan pangan rumah tangga maka BPTP Balitbangtan NTB  melakukan kunjungan koordinasi dengan pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi NTB dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB di Kantor TP PKK dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB pada senin (16/01/2017). Pertemuan dilaksanakan bersama Kepala BPTP NTB, peneliti, penyuluh BPTP NTB, Pengusrus TP PKK provisnsi NTB, Sektretaris dan Tim KRPL Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB.

Sektretaris umum TP PKK Provinsi NTB ibu Iriani mengatakan bahwa PKK memiliki daerah binaan di tingkat kabupaten/kota sampai kecamatan yang memiliki program pemanfaatan pekarangan rumah bagi ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan pembinaan.

Iriani merasa berterimakasih atas kunjungan BPTP Balitbantan NTB untuk melakukan kerjasama khususnya pembinaan teknologi. Dengan adanya dukungan BPTP NTB, maka TP PKK akan segera menggerakan timnya, sedangkan BPTP Balitbangtan NTB akan menyiapkan bibit cabe 25.000 pohon dan sumberdaya manusianya untuk melakukan pendampingan.

Sementara Sekretaris Dinas Ketahana Pangan (DKP)  Priharyono menyampaikan bahwa program KRPL dilaksanakan di 10 kabupaten/kota di NTB melalui anggaran APBD dan  9 kabupaten/kota menggunakan anggaran Dekon. Pendampingan dilakukan oleh PPL wilayah setempat dan diharapkan dukungan BPTP Balitbantan NTB khususnya pembinaan teknologi. Program unggulan yang akan dilaksanakan adalah tanam cabe dan unggas dengan slogan” TANCAB GAS”.

Kepala BPTP NTB Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP juga menyampaikan bahwa menteri pertanian melalui Kepala Balitbangtan mengintruksikan kepada BPTP  Baltbangtan untuk melakukan koordinasi dengan Tim PKK terutama dalam mengatasi melonjaknya harga cabe. Mentan Mengharapakan setiap rumah tangga harus menanam cabe, sehingga masing-masing BPTP Balitbangtan  termasuk BPTP Balitbang NTB segera merespon dengan  menyiapakan 25 ribu bibit cabe yang siap dibagikan  untuk ditanam oleh ibu  rumah tangga binaan pkk.

“BPTP juga telah menyiapkan tim ahli teknologi yang akan memberikan ilimu pengetahuan untuk mendukung suksesnya program PKK dan Dinas Ketahanan Pangan, serta mengharapkan dalam satu kabupaten/kota terdapat lahan percontohan.”  Demikian ditambahkan Saleh.

Untuk menyatukan presepsi akan dilakukan rapat lanjutan antara BPTP Balitbantan NTB, Tim PKK Provinsi NTB, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB dan Dinas Pertanian Provinsi NTB. (MF.Matenggomena)

Web Analytics