Berita

BPTP Balitbangtan NTB Menerima Siswa PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) SMKN Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Nusa Tenggara Barat merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang Kementerian Pertanian yang melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu menghasilkan inovasi teknologi dan disminasi di bidang pertanian.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, BPTP NTB terus malakukan pelayanan dan kerjasama kepada masyarakat, beberapa stakeholder, mahasiswa dan siswa di NTB. Pada hari Senin 16/01/2016, BPTP Balitbangtan NTB mendapat kunjungan dari siswa dan guru SMKN 1 Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah yang dirangkai dengan acara penerimaan siswa jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Kultur Jaringan SMKN 1 Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka melaksanakan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) di Kebun Percobaan Sandubaya Kab.Lombok Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPTP NTB Dr. Ir. M.Saleh Mokhtar,MP,  Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian yang diwakili oleh Drh.Luh Gde.Sri Astiti,MSi, Ketua Kelji Budidaya Tanaman dan Ketua Kelji Budidaya Peternakaan, Penyuluh, Peneliti, Kepala KP, Teknisi dan Kepala sekolah SMKN 1 Kuripan beserta guru pendampingnya.

Dalam Sambutannya Dr.Ir.M.Saleh Mokhtar,MP menyebutkan bahwa BPTP Balitbangtan NTB memiliki 118 orang karyawan terdiri dari  peneliti, penyuluh dan staf pendukung yang telah banyak memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan dan diseminasi teknologi pertanian.

Lebih lanjut M.Saleh menjelaskan bahwa  salah satu program kami secara rutin  adalah  menerima siswa-siswi yang akan melaksanakan PRAKERIN “Semoga  adik-adik dapat tergugah  untuk mencintai pertanian untuk pembangunan pertanian dimasa mendatang dan kami berpesan agar adik-adik  belajar yang baik dan berpilaku yg baik sehingga apa yg menjadi cita-cita adik-adik dapat tercapai” demikian disampaikan. Dan harapan kami juga agar  dapat disingkronkan dengan program kami dengan kebutuhan adik adik yang akan melaksanakan PARKERIN.Untuk diketahui bahwa program kami di Kebun Percobaan (KP) Sandubaya adalah perbenihan jagung,tetapi tidak menutup kemungkinan nanti  adik adik siswa dapat belajar untuk  perbenihan cabe, Karena saat ini ada program gerakan penanaman cabe di pekarangan.

Dalam kesempatan yang sama kepala SMKN  Batukliang Utara Lalu Tajudin menyampaikan bahwa pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih telah menerima  anak-anak kami yang berjumlah 7 orang untuk melaksanakan  Prakerin di BPTP NTB.Harapan kami agar anak-anak kami diberikan pendidikan yang banyak sehingga dapat ditularkan kepada masyarakat setelah selesai melakukan PRAKERIN.

Setelah diterima secara resmi siswa-siswa SMKN Batukliang Utara diberi kesempatan untuk meninjau ke lokasi visitorplot aneka ternak, UPBS dan Laboratorium kultur jaringan BPTP Balitbangtan NTB. (Nurul Agustini)

Web Analytics