Berita

Bimbingan Tehnik Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Di NTB

Pin It

Implemantasi  akutansi berbasis akrual membawa perubahan  besar dalam penyusunan laporan keuangan Kementerian Pertanian, salah satunya melalui aplikasi  SAIBA dan SIMAK  BMN. Sehubungan dengan pengembangan aplikasi tersebut Biro Keuangan Dan Perlengkapan Kementerian Pertanian menyelanggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) selama 2 hari (1-2 Desember2016)  bagi satuan kerja lingkup pertanian di NTB.

Acara  BIMTEK dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan  Kementerian Pertanian (Kementan) Bapak Firmanudin pada kamis (1/12/2016). Peserta yang hadir  terdiri dari Kepala Biro Perlengkapan Kementan,Kepala BPTP NTB, , Kepala Subbag Tata Usaha BPTP NTB dan 40 orang operator Persediaan dan Simak BMN.

Bapak Firmanudin dalam arahannya mengungkapkan bahwa ada beberapa permasalahan yang perlu untuk diperbaiki terkait dengan penatausahaan aplikasi persediaan antara lain; Pencatatan neraca persediaan tidak berdasarkan hasil stok opname (inventarisasi fisik) persediaan, Satker tidak memeiliki tempat penyimpanan persediaan, terjadi kesalahan pemebebebanan belanja persediaan dan pengungkapan akun persediaan dalam CaLK maupun CaLBMN belum disajikan secara memadai.

Selanjutnya peserta mendapatkan materi tentang update aplikasi terbaru untuk aplikasi persediaan, Aplikasi SIMAK dan SAIBA (Yuko S).

Web Analytics