Berita

Lomba Uji Ketangkasan Pada Pekan Daerah (PEDA) KTNA XV Di NTB

Pin It

Rangkaian acara kegiatan PEDA NTB 2016 telah dilaksanakan berbagai mata lomba.Salah satu mata lomba dalam kegiatan PEDA KTNA XV di NTB adalah uji ketangkasan, acara lomba uji ketangkasan ini dilaksanakan pada hari Kamis (3/11/2016) di Asrama Haji Provinsi NTB. Lomba uji ketangkasan ini diikuti oleh beberapa  petani dari 10 Kabupaten/Kota yang mengikuti PEDA KTNA XV di NTB.

Dalam lomba uji ketangkasan ada lima(5) uji ketangkasan yang diikuti oleh petani peserta antara lain  : 1). Ketangkasan dan peragaan membedakan kelamin anak ayam jantan dan betina,   2).Ketangkasan dan peragaan okulasi tanaman, 3) Ketangkasan dan peragaan memipil jagung, 4) Ketangkasan memilih bibit lele dan mengemasnya dan yang ke 5) ketangkasan mengupas sabut kelapa.

Untuk uji ketangkasan membedakan jenis kelamin anak ayam penilaiannya adalah membedakan jenis kelamin anak ayam yang tepat dan paling banyak, untuk ketangkasan okulasi tanaman yang menjadi penilaian juri adalah memilih 2 jenis tanaman untuk diokulasi secara tepat dan benar, untuk uji ketangkasan memipil jagung penilaiannya adalah siapa yang mampu memipil jagung dengan tepat dan berat hasil pipilan ternbanyak, untuk uji ketangkasan memilih bibit lele yang menjadi penilaian adalah memilih bibit lele yang baik dan tepat cara  mengemasnya dan yang terakhir adalah uji ketangkasan mengupas sabut kelapa,yang dinilai adalah cara mengupas sabut kelapa dan daging kelapa dengan bersih. (M.Faesal Matenggomena dan Nurul Agustini)

Web Analytics