Berita

BPTP NTB Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Gelar Dan Temu Teknologi Pekan Daerah (PEDA) KTNA KE XV Di NTB

Pin It

Kegiatan Pekan  Daerah (PEDA) ke xv di Nusa Tenggara Barat merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan se-NTB untuk melakukan konsolidasi penguatan kelembagaan,pengembangandiri, saling tukar menukar informasi, pengembangan jejaring usaha, dan bertemu dengan pemangku kebijakan pertanian, peternakan dan kehutanan dalam mendukung pembangunan pertanian di NTB

Salah satu kegiatan pada PEDA KTNA ke XV adalah Gelar danTemu Teknologi.Kegiatan Gelar danTemu Teknologi ini dilaksanakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP ) NTB pada hari Kamis (3/11/2016). Peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang berasal dari petani, ketua kelompok tani dan penyuluh pendamping dari 10 Kabupaten/Kota di NTB.Para peserta yang hadir diterima langsung oleh koordinator kegiatan Gelar dan Temu Teknologi Ir.Kaharudin serta penyuluh dan peneliti BPTP NTB.

Dalam kesempatan tersebut Ir.M.Sofyan Souri yang mewakili Kepala BPTP NTB memberikan sambutan sekaligus membuka acara Gelar dan Temu Teknologi secara resmi. Dalam sambutannya Sofyan Souri berharap bahwa melalui PEDA KTNA  ini para peserta bisa mendapatkan  informasi dari beberapa teknologi  inovasi hasil pengkajian  yang telah dilaksanakan di BPTP maupun di beberapa Kabupaten/Kota sehingga dapat dijadikan sebagai refrensi dalam berusaha tani maupun usaha dibidang peternakan. Lebih lanjut  disampaikan Sofyan bahwa dari rekomendasi teknologi yang dihasilkan BPTP, para petani dan kelompok tani  selaku pelopor dan inovator bisa melakukan demplot atau percobaan kecil-kecilan dilahan masing-masing untuk mendapatkan teknologi yang tepat untuk diaplikasikan atau diterapkan di wilayah masing-masing.Dan dalam mengahiri sambutannya Sofyan Souri menyampaikan bahwa kami BPTP NTB siap untuk membantu dalam memberikan informasi teknologi yang diperlukan oleh petani.

Pada Kegiatan Gelar danTemuTeknologi beberapa hasil-hasil inovasi teknologi yang diberikan kepada para peserta antara lain teknologi Jajar Legowo Super pada tanaman Padi disampaikan oleh narasumber Sabar Untung.SP, Teknologi Sistim Tabela pada tanaman padi oleh Hiryana Windiyani.SP,MSi, dan Teknologi Pemeliharaan Ayam KUB oleh Totok B.Julianto,SPt.

Dalam acara Gelar dan Temu Teknologi ini para peserta juga diberi kesempatan untuk mengunjungi display berbagai hasil inovasi teknologi di lokasi kebun Percobaan (KP) BPTP NTB seperti teknologi Jajar legowo Super pada tanaman padi, teknologi Sisitem Tabela pada tanaman padi, teknologi penggemukan sapi, teknologi pemeliharaan ayam KUB, Taman Angroinovasi, Kebun Bibit Induk (KBI) dan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB.

Setelah menerima informasi dan mengunjungi display para peserta merasa sangat puas terlihat dari berbagai pertanyaan dan tangapan positif pada saat diskusi antara peserta dan narasumber(Nurul Agustini).

Web Analytics