Berita

Workshop Peningkatan Komunikasi, Koordinasi Dan Diseminasi Teknologi Pertanian Di Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Balai  Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB mengemban tugas sebagai penghasil inovasi teknologi spesifik lokasi. Untuk menjalankan tugas tersebut BPTP  NTB memberikan pelayanan melalui kegiatan pengkajian dan diseminasi inovasi teknologi kapada masyarakat NTB.

Dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian, BPTP NTB menyelenggarakan Workshop Peningkatan Komunikasi, Koordinasi dan Diseminasi Inovasi Pertanian Mendukung Peningkatan Produktivitas 7 ( tujuh) Komoditas Pangan Strategis Nasional di Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian  (BKP3)  Kabupaten Lombok Tengah pada kamis (20/10/2016). Peserta yang hadir sekitar 75 orang terdiri dari Kepala BKP3, Perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan, Perwakilan Kepala Dinas Perkebunan, Koordinator penyuluh dan Perwakilan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten  Lombok Tengah, Kepala SMK Pertanian, Danramil Kabupaten Lombok Tengah, Ketua Penangkar benih Lombok Tengah, Perwakilan Kelompok Tani dan Ternak se-Kabupaten Lombok Tengah,  peneliti dan penyuluh BPTP NTB.

Dalam sambutannya kepala BPTP NTB yang diwakili oleh   Ir. Achmad Muzani sekaligus selaku penangungjawab kegiatan  menjelaskan bahwa tujuan penyelanggaraan workshop  ini untuk menyebarkan teknologi pertanian spesifik lokasi yang telah dihasilkan oleh BPTP NTB dalam upaya mendukung pembangunan pertanian di NTB dan untuk menerima informasi teknologi yang telah dikembangkan oleh masyarakat.

Lebih lanjut Achmad Muzani mengharapkan kerjasama semua unsur terkait, demi mendukung penyebaran teknologi kepada pengguna. “ Ada lima unsur yang saling mendukung dalam upaya penerapan teknologi yaitu  perakitan  teknologi, penyuluh pertanian, kelembagaan tani, sistem pemasaran dan para penentu kebijakan”,demikian disampaikan Muzani.

Kepala BKP3 Ir. Lalu Iskandar MM, dalam  sambutannya sekaligus membuka secara resmi acara workshop  menyampaikan   bahwa teknologi yang disampaikan BPTP NTB akan menjadi solusi terhadap berbagai kendala dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Lombok Tengah. Diharapkan juga dari kegiatan ini akan didapatkan sumbangan pemikiran dan pengalaman  sehingga menjadi bahan dalam penerapan teknologi di Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam workshop ini ada lima (5) materi yang disampaikan antara lain teknologi padi Jajar Legowo Super disampaikan Sabar Untung SP, teknologi padi sistem Tabela oleh Hiryana Windiyani SP,MSi, teknologi budidaya kedelai oleh Ir.M.Zairin,MSi, teknologi penggemukan sapi dengan menggunakan legume pohon oleh Dr.Drh.Nurul Hilmiyati, MVs dan teknologi  budidaya pemeliharaan  ayam kampung Balitbangtan (ayam KUB) oleh Totok B.Julianto,SPt.

Acara workshop diakhiri dengan diskusi antara narasumber dengan peserta, dalam acara diskusi tersebut terlihat antusias para peserta  dengan menyakan berbagai solusi terhadap kendala yang terjadi dalam kegiatan usaha tani dan ternak. Peserta merasa puas atas jawaban dari narasumber. (MF. Matenggomena dan Nurul Agustini)

Web Analytics