Berita

Workshop Peningkatan Komunikasi, Koordinasi Dan Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian Di Kabupaten Lombok Utara

Pin It

Dalam upaya diseminasi inovasi teknologi pertanian, BPTP NTB melaksanakan Workshop Peningkatan Komunikasi, Koordinasi, dan Diseminasi Inovasi Pertanian di seluruhKabupaten Kota se-Pulau Lombok sejaktanggal 18/10/2016. Pada hari ke dua,workshop dilaksanakan diKabupaten Lombok Utara bertempat di Kelompok Tani Meleko Bangkit, Dusun Pekatan, Desa Jengala, Kecamatan Tanjung pada hari Rabu (19/10/2016). Peserta yang hadirberasal darii oleh penyuluh dari  BP4KKabupaten Lombok Utara, koordinator dan penyuluh dari BP3K, , Babinsa, DinasPertanian, Dinas Peternakan, Guru SMK Pertanian serta para petani dan peternak.

Dalam sambutandan sekaligus membuka acara workshop Kepala BP4K Kabupaten Lombok Utara menyampaikan bahwa menyampaikan pelaksanaan workshop ini dapat menambah ilmu pagi para penyuluh maupun petani di Kabupaten  Lombok Utara sehingga dapat menjadi bekal mereka di lapangan. Lebih jauh kepala Badan mengungkapkan bahwa produksi komoditas pangan strategis yang dihasilkan oleh  petani masih belum mampu mencukupi kebutuhan pangan secara nasional, ini dapat kita lihat dari beberapa kebutuhan pangan tersebut masih didatangkan dari luar negeri seperti beras, jagung, kedelai dan daging. Hal ini disebabkan oleh masih kurangnya tingkat penguasaan petani terhadap teknologi dan juga masih maraknya alihfungsi lahan yang hamper tidak terkendali.Oleh karena itu melalui program atau kebijakan UPSUS yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden di harapkan mampu mendorong percepatan swasembada pangan nasional.Lebih jauh juga Kepala Badan mengharapkan dengan adanya peran BPTP NTB sebagai lembaga pengkajian teknologi di NTB dapat memberikan inovasi-inovasi terbaru di bidang pertanian dan bersama dengan penyuluh yang ada di Kabupaten maupun Kecamatan bias memberikan motivasi kepada petani agar biasa  menerima maupun mengadopsi teknologi yang telah dihasilkan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPTP NTB yang diwakili oleh Ir.Achmad Muzani sekaligus sebagai penangungjawab kegiatan menyampaiakan ucapan terima kasih kepada Kepala Badan Penyuluhan Kabupaten Lombok Utara, penyuluh, petani , Babinsa dan para peserta yang lainnya yang telah hadir untuk mengikuti acara workshop. Disampaikan pula bahwa tujuan dari workshop ini untuk menyampaikan hasil-hasil pengkajianteknologi yang telah dihasilkan oleh Badan litbang maupun oleh BPTP NTB, perlu disampaikan melalui workshop komunikasi, koordinasi dan didiseminasikan dengan melibatkan semua unsure terkait atau stakeholder yang berada di tingkat Kabupaten/Kota

Dalamacara workshop iniada lima materi yang disampaikanterdiridaritigamateriterkaitkajian di bidang pertanian yaituTeknologi Padi Jarwo Super yang disampaikan oleh Sabar Untung,SP,  Teknologi TABELA (Tanam Benih Langsung) yang disampaikan oleh HiryanaWindiani, Sp, M.Si, danTeknologi Budidaya Kedelai oleh Ir. H. Zairin, M.Si. semenetara dua materi kajian tentang bidang peternakan disampaikan oleh Dr. Drh. NurulHilmiati, M.VS terkait dengan kajian teknologi pakan ternak berbasis legume pohon, semenetara materi tentang Ayam KUB disampaikanolehTotok B Julianto, SPt.

Pelaksanaan workshop ini mendapat umpan balik  dengan banyaknya pertanyaandari penyuluh maupun petani yang hadir,dengan adanya diskusi yang sangat menarik antara narasumber dan peserta.  (Samsul Bahraen dan Nurul Agustini)

Web Analytics