Berita

Workhsop Panyususnan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Wilayah NTB

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB sebagai Unit  Akutansi  Pembantu Pengguna Anggaran / Barang Wilayah ( UAPPA/BW)  Lingkup Kementerian  Pertanian melaksanakan kegiatan workshop konsolidasi laporan keuangan tingkat wilayah semester I  tahun anggran 2016 untuk semua satuan kerja (Satker) lingkup pertanian se-NTB selama 3 hari (27-26/7/2016).

Pembukaan workshop telah dilaksanakan pada Rabu (27/7/2016) di Hotel Golden Tulip Kota  Mataram, acara dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari PLT Kepala BPTP NTB, operator SAIBA, dan Operator SIMAK-BMN seluruh Satker pertanian di NTB.

Ir. Sofyan Souri sebagai Pejabat Pelaksana Harian Kepala BPTP NTB dalam pengantarnya menegaskan agar setiap Satker memperhatikan dengan baik rekapan dokumen belanja 526 karena alokasi anggarannya sangat besar.

Lebih lanjut Sofyan Souri  menyampaikan perlunya verifikasi terkait dengan kerugian negara (TGR). “Untuk Satker yang menerima anggaran APBN yang terkait dengan jual beli atau Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP),  maka hasil penjualannya harus disetor ke  kas negara sesuai dengan peraturan pemerintah tentang penjualan hasil pertanian”, demikian sofyan menambahkan.

Sementara itu penanggung jawab keuangan BPTP NTB Hj.Siti Marlinda menyampaikan bahwa untuk menyusun laporan keuangan lingkup pertanian di tingkat wilayah maka masing – masing operator membawa laporan keuangan antara lain laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Perubahan Akuitas (LPE), Laporan Operasional, dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK).

Adapun tujuan workshop menurut Marlinda yaitu terbentuknya laporan keuangan dan laporan Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Pertanian di tingkat wilayah. (MF. Matenggomena, Nurul Agustini)

Web Analytics