Berita

Pameran Hasil Teknologi Pertanian BPTP NTB pada Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan di Puyung Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Dalam rangka penguatan kemandirian pangan, Pemerintah Propinsi NTB bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian  melaksanakan kegiatan “Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Tingkat Nasional IV tahun 2016”. Kegiatan yang memperagakan keragaan berbagai varietas tanaman pangan tersebut bertempat di Desa Puyung, Kabupaten  Lombok Tengah,  yang berlangsung dari tanggal 19 – 22 Juli  2016.

Acara pembukaan telah dilaksanakan pada selasa (19/07/2016) yang dihadiri oleh Gubernur NTB, Dirjen Tanaman Pangan, Asisten II Provinsi NTB, Wakil Bupati Lombok Tengah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov NTB,  perwakilan SKPD Rumpun Hijau se Kabupaten Lombok Tengah, Kepala BPTP NTB, Penyuluh Pertanian NTB, Forkopindo Provinsi NTB, Danrem 162/Wirabhakti, perwakilan rumpun hijau dari beberapa Provinsi di Indonesia dan masyarakat tani di NTB.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Ir. Husnul Fauzi, MSi Acara Gebyar Perbenihan tanaman pangan mengusung tema “melalui Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Akan Mewujudkan Kemandirian Benih dan Ketahanan Pangan Nasional. Tujuan dari pelaksaannya agar terjalin komunikasi dan pertukaran informasi teknologi pertanian serta mempertemukan semua produsen benih padi, jagung dan kedelai.

Balai Pengakjian Teknologi Pertanian NTB turut berpartisipasi dalam acara Gebyar Perbenihan, dengan menampilkan varietas unggul benih padi, jagung dan kedelai. Agar pengunjung dapat mengenal beras dari beberapa varietas padi maka BPTP NTB menampilkan beras yang ditanak sehingga pengunjung dapat mengetahui  sensori nasi dari masing-masing varietas yang dapat dinilai dari tingkat kepulenan, warna, aroma dan rasa. Disamping itu diperkenalkah juga produk olahan berbasis jagung. (Uliyatu Fitrotin, MF Matenggomena)

Web Analytics