Berita

Kunjungan Warga Desa Moyo Mekar Kabupaten Sumbawa ke BPTP NTB

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB mempunyai tugas menghasilkan teknologi pertanian dan  pelayanan dengan menyampikan hasil – hasil pengkajian baik dalam kegiatan pendampingan maupun pelayanan kunjungan dari masyarakat

Dalam fungsi pelayanan tersebut BPTP NTB pada kamis (12/05/2016) menerima kunjungan Kepala  Desa   Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa bersama  35 orang warga yang terdiri dari perwakilan kelompok tani tanaman pangan, holtikultura dan ibu-ibu PKK.

Kepala BPTP NTB  Dr.Ir. M. Saleh Mokhtar. MP dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP NTB telah menghasilkan teknologi spesifik lokasi yang telah didiseminasikan kepada masyarakat NTB oleh para peneliti dan penyuluh BPTP NTB. “Untuk itu bagi masyarakat yang membutuhkan informasi teknologi  akan kami siapkan melalui narasumber sesuai dengan bidang keilmuannya”, demikian ditegaskan Saleh.

Sementara itu kepala Desa Moyo Mekar Irwan Syahruddin menjelaskan  kunjungan warga Desa Moyo berdasarkan anggaran belanja desa tentang program kunjungan kerja desa. Melalui keputusan bersama ditetapkan kunjugan kerja bertempat di BPTP NTB.

Labih lanjut Irwan  menyebutkan bahwa tujuan kunjugan ke BPTP NTB pertama karena pimpinan BPTP NTB merupakan putra daerah Sumbawa dengan harapan mampu membangun Sumbawa dengan baik khususnya di Desa Moyo Mekar, dan yang kedua untuk mendalami pengetahuan teknologi pertanian dan pemanfaatan pekarangan.

Dalam kunjungan ini, para peserta pertama-tama diberikan    materi beberapa hasil-hasil pengkajian BPTP NTB antara lain tentang perbenihan padi  yang disampaikan oleh Sabar Untung SP, teknologi bididaya jagung dan pemanfatan pekarangan oleh Baiq Tri Ratna Erawati,SP MSi dan yang terkahir mengenai materi penggunaan feromon Exi pada tanaman bawang oleh Nurul Hidayah,SP, MSc.

Selanjutnya peserta diberikan kesempatan  untuk mengunjungi Kebun Bibit induk  dan Taman agro inovasi pertanian yang didampingi oleh Baiq Tri Ratna Erawati MSi , Visitor Plot Aneka tanaman dan UPBS oleh Sabar Untung, dan Visitor Plot aneka ternak didampingi oleh Totok B.Julianto SPt. (M.F. Metengomena)

Web Analytics