Berita

Workshop mendukung Program Strategis 7 (Tujuh) Komoditas Strategis Nasional di NTB

Pin It

Dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian untuk swasembada tujuh komoditas strategis yaitu padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabe, sapi, tebu (Pajalebabesate), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB telah melaksanakan berbagai pengkajian dan diseminiasi teknologi inovasi spesifik lokasi yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat pertanian NTB.

Daam rangka mendukung diseminasi hasil-hasil pengkajian tersebut BPTP NTB melaksanakan kegaiatan workshop “Peningkatan Komunikasi, Koordinasi dan Diseminasi Inovasi Pertanian” tingkat provinsi pada Senin (28/03/2016) di Balai Diklat Pertanian Prov.NTB di Narmada. Hadir pada acara tersebut sebanyak 75 orang peserta, terdiri dari Kepala BPTP NTB, Perwakilan dari Dinas Pertanian dan Holtikultura NTB, Dinas Perkebunan NTB, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB,  Badan Ketahanan Pangan NTB, Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan NTB, PT Pertani NTB, Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Mataram, guru SMK Pertanian,Korem, Kodim, Koramil dan Babinsa penyuluh pertanian serta peneliti BPTP NTB.

Kepala BPTP NTB Dr.Ir. M. Saleh Mokhtar, MP mengawali sambutannya dengan memperkenalkan diri sebagai pimpinan baru BPTP NTB yang memulai tugas pada tanggal 2 Maret 2016. Ditekankan bahwa BPTP NTB akan berupaya semaksiimal mungkin untuk membangun pertanian di NTB dengan mendukung sepenuhnya program pemerintah di NTB melalui penyebaran dan diseminasi inovasi teknologi spesifik lokasi

Lebih lanjut Kepala BPTP NTB menjelaskan bahwa tujuan workshop adalah untuk mensinergikan program Pembangunan di Provinsi  NTB dengan program atau kegiatan BPTP NTB dalam upaya mendukung peningkatan produktivitas dan daya saing tujuh komoditas utama pajalebabesate melalui peningkatan komunikasi, koordinasi, dan diseminasi.

BPTP NTB telah menyiapkan berbagai inovasi teknologi untuk mendukung beberapa kebutuhan teknologi dinas terkait di NTB. Dalam hal ini inovasi teknologi tanaman pangan(pajale), bawang merah, cabe dan penggemukan sapi telah dihasilkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat NTB, sedangkan tanaman tebu masih dalam proses pengkajian. Acara sambutan dirangkai dengan pembukaan secara resmi worksop oleh Kepala BPTP NTB.

Dalam acara workshop disampaikan program unggulan dari masing-masing dinas untuk tahun 2016 dan rencana program tahun 2017 terkait dengan  tujuh komoditas utama pajalebabesate.  Selain penyampaian proram, perwakilan dinas terkait juga menyampaikan inovasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas tujuh komoditas strategis tersebut..

Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara workshop dengan banyaknya  pertanyaan, saran-saran dan informasi penting yang dapat menjadi bahan masukan dalam penyusunan program pembangunan pertanian di NTB. (MF. Matenggomena dan Nurul Agustini)

Web Analytics