Berita

Kunjungan Kepala Badan Litbang Kementan di BPTP NTB : “BPTP” Napas Kementerian Pertanian”

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian( BPTP) NTB merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di bawah Badan Penelitian dan Pengembangangan Kementerian Pertanian (Kementan). Tugas  utama BPTP adalah untuk melakukan pengkajian teknologi/inovasi pertanian yang dihasilkan oleh Balai Penelitian komoditas untuk disesuaikan dengan kondisi daerah  dan mendesiminasikan inovasi inovasi tersebut agar bermanfaat untuk masyarakat.

Mengingat pentingnya peran BPTP tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang)  Dr. Ir. H. Muhammad  Syakir dan Kepala  Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan  Teknologi Pertanian Dr.Ir. Abdul Basit MM melakukan kunjungan kerja di BPTP NTB pada Jum`at (28/11/2015) dalam rangka memonitor perkembangan kegiatan di BPTP NTB..

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Badan Litbangtan berserta rombongan melakukan silaturahmi dan memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai BPTP NTB.

Dalam kesempatan tersebut, PLT BPTP NTB, Dr. Agung Kamandalu  mengungkapkan beberapa kendala penyebar luasan teknologi yang dihadapi oleh BPTP NTB yang yang perlu ditindak lanjuti antara. Salah satu contoh adalahpengembangan ayam KUB BPTP NTB belum diketahui oleh Gubernur NTB, hal ini perlu pendekatan kepada pemerintah provinsi agar pengembangan ayam KUB bisa menjadi  kebijakan Pemerintah Daerah NTB.

Sementara itu, Muhammad Syakir dalam arahannya mengatakan bahwa “BPTP merupakan napas bagi Kementarian Pertanian, karena hidup dan berkembangnya program Kementerian Pertanian selama 5 tahun tergantung baiknya kinerja BPTP NTB. Kementerian Pertanian merupakan lembaga teknis  menghasilkan inovasi teknologi pertanian yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat”, BPTP lah ujung tombaknya, demikan ditegaskan Syakir.

Syakir menjelaskan Litbang Kementan telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam riset pertanian, mereka hanya melakukan  penelitian dasar. Selanjutnya penelitian  tersebut akan dikembangkan oleh Badan Litbang Kementan yang akan diterapkan dan didesiminasi oleh BPTP NTB kepada masyarakat.

Lebih jauh Syakir menghimbau kepada seluruh pegawai BPTP NTB untuk membangun team work yang baik dengan mendistribusikan pekerjaan kepada semua tim secara merata baik peneliti, penyuluh, karyawan BPTP NTB maupun petani dalam kegiatan pengkajian dan desiminasi, karena semuanya saling mendukung.

Rombongan selanjutnya  melihat inovasi teknologi yang dihasilkan BPTP NTB  yang dipandu oleh Kepala KSPP BPTP NTB Dr. Nurul Hilmiati M.VS antara lain Ke kebun Bibit Induk, Visitor Plot Aneka Tanaman, Visitor Plot Aneka Ternak, KRPL, dan Unit Penyedia Benih Sumbar BPTP NTB. (M.F. Matenggomena)


Web Analytics