Berita

Workshop Percepapatan Diseminasi Hasil Pengkajian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB telah melakukan berbagai kegiatan untuk  mendiseminasikan  teknologi pertanian yang telah dihasilkan kepada petani maupun penyuluh pertanian di wilayah NTB baik melalui gelar teknologi, workshop, dan berbagai bentuk pelayanan lain kepada masyarakat.

Untuk mensosialisasikan hasil pengkajian BPTP NTB tahun 2015, dilakukan kegiatan workshop pada hari Selasa (17/11/2015) di ruang Aula BPTP NTB. Acara tersebut dihadiri sekitar 60 orang perwakilan dari BAPEDA NTB, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura NTB, Badan Koordinator Penyuluhan Provinsi NTB, Penyuluh Kabupaten/Kota di NTB, KTNA NTB, Guru SMKN Pertanian, Perguran Tinggi,  TNI[C1] AD, Balai Pelatihan Pertanian NTB dan Penyuluh Peneliti BPTP NTB.

Kepala BPTP NTB yang diwakili oleh Ir. Ahmad Muzani dalam pengantarnya menjelaskan tentang tugas BPTP NTB yaitu mengkaji teknologi tepat guna spesifik lokasi dari hasil penelitian Lingkup Badan Litbang Pertanian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat NTB. Karena itu diharapkan kepada seluruh peserta agar hasil pengkajian teknologi pertanian dari BPTP NTB dapat  diterapkan di masing-masing lingkup kerjanya, sedangkan bagi pemangku kebijakan dapat menjadikan teknologi tersebut sebagai acuan dalam mengeluarkan kebijakan di daerahnya.

Ada 2 (dua) materi yang disampaikan dalam workshop ini. Materi pertama adalah tentang petak omisi yang disampaikan oleh penyuluh senior BPTP NTB Lalu Wirajaswadi MEd. Petak Omisi merupakan kebutuhan hara dengan mengidentifikasi ketersediaan hara dalam tanah melalui respon tanaman yang tercermin dari hasil panen sehingga dapat diketahui jenis dan takaran hara yang harus di tambahkan untuk target hasil tertentu.Materi kedua adalah tentang kebutuhan pupuk dan permasalahahannya di NTB yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Lahan dan Air Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi NTB Ir Hardi Irfan.Acara workshop diahkhiri dengan diskusi dan tanya jawab.  Peserta  mengajukan berbagai pertanyaan dari materi yang diberikan,terutama yang terkait dengan teknologi petak omisi. (M.F. Matenggomena dan Nurul Agustini)

Web Analytics