Berita

Studi Banding Pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) BPTP NTB

Pin It

Penerapan model Kawasan Rumah Pangan Lestari dengan berbagai manfaat yang telah dirasakan belum banyak diadopsi dan direplikasi oleh stakeholders yang melaksanakan program pemanfaatan pekarangan. Hal ini disebabkan karena belum berjalannya komunikasi, koordinasi dan sinkronisasi kegiatan sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu perlu dilakukan koordinasi dan pendampingan secara lebih intensif terhadap kelompok KRPL yang dibina dan stakeholders lainnya.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh BPTP NTB dalam rangka mencapai tujuan tersebut adalah kegiatan studi banding dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok KRPL binaan stakeholders dalam mereplikasi model KRPL yang telah dibangun sesuai agroekosistem setempat.

Pada hari Senin (12/10/2015) BPTP NTB telah memfasilitasi studi banding ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu-ibu Bhayangkari Brimob Polda NTB ke Kelompok Wanita Tani (KWT) “Karya Wanita” Desa Jembatan Kembar Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, dan stand pameran BPTP NTB di Festival Holtikultura yang berada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kelurahan Pagutan Kota Mataram. Peserta studi banding terdiri dari 10 orang berasal dari kelompok Pengajian “An Nur” Lingkungan Lendang Bedurik, Kec.Selong Kab.Lombok Timur, 10 orang dari KWT “Rukun Sejahtera” Desa Aik Darek, Kec.Batukliang Kab. Lombok Tengah, 10 orang dari KWT “Berkah” Desa Sesela , Kec.Gunungsari Kab. Lombok Barat dan 11 orang ibu-ibu Bhayangkhari Brimob,Polda NTB. Selain ketua dan anggota kelompok masing-masing KWT didampingi oleh satu orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Sebelum melakukan kunjungan para peserta studi banding diterima dan diberikan pengarahan oleh Plh Kepala BPTP NTB, Ir. M. Sofyan Souri, disamping itu juga semua peserta studi banding diberikan koesioner (Pree test) untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta tentang KRPL.

Kunjungan studi banding diawali dengan berkunjung ke KWT “Karya Wanita”, Desa Jembatan Kembar Timur, Kec. Lembar, Kab.Lombok Barat.  Semua peserta studi banding disambut oleh Ketua KWT Karya Wanita Hartini. Dalam sambutannya Hartini menyampaikan rasa bahagia karena KWT yang dipimpinnya mendapat kepercayaan sebagai lokasi kunjungan tempat belajar para KWT lainnya. Seluruh peserta studi banding sangat bersemangat  melihat dan bertanya tentang berbagai koleksi tanaman sayuran  dan cara pembibitan sayuran yang berada di pekarangan rumah ketua kelompok KWT “Karya Wanita”. Kunjungan studi banding diakhiri di lokasi stand pameran BPTP NTB di Festival Hortikultura. Di lokasi stand BPTP ini semua peserta tetap semangat melihat dan menyaksikan berbagai koleksi tanaman sayuran, ayam KUB dan berbagai produk olahan buah dan sayur yang berasal dari KWT binaan BPTP. Rangakain studi banding pendampingan KRPL ini diakhiri dengan pemberian benih sayur dan pengisian koesioner (post test ) oleh seluruh  peserta studi banding.(Nurul Agustini)

Web Analytics