Berita

Pelatihan Pembibitan Sayuran dan Pembuatan Biopestisida di Kelompok “Muslimat” Lendang Bedurik Selong, Lombok Timur

Pin It

Sebagai tindak lanjut sosialisasi program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelompok Pengajian “Muslimat” pada bulan Juni 2015, BPTP NTB melakukan pendampingan teknologi pelatihan pembibitan tanaman sayuran dan pembuatan Biopestisida atau pestisida nabati. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 13/ 08/ 2015  Pelatihan ini merupakan bentuk pendampingan dari program  Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) BPTP NTB. Peserta kegiatan tersebut adalah kelompok pengajian “Muslimat” yang merupakan kelompok wanita tani di Lingkungan Lendang Bedurik, Kelurahan Sekarteja, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta dapat menyediakan bibit secara mandiri dan dapat membuat pestisida alami.

Teknik pembibitan merupakan tahap awal yang perlu diketahui oleh kelompok tani sebelum melakukan penanaman. Dalam hal ini peserta dilatih cara menyeleksi benih yang baik, pembuatan dan penyiapan media semai, serta cara menyemai benih. Bahan yang digunakan untuk media semai di antaranya adalah kompos, arang sekam, dan tanah dengan perbandingan (2:1:1). Bahan-bahan tersebut diaduk rata, kemudian dimasukkan ke dalam polybag, lalu benih hasil seleksi disebar di atas media semai.

Setelah praktek pembuatan media dan pembibitan selesai, peserta selanjutnya dilatih cara membuat pestisida nabati yang diperlukan ketika terjadi gangguan hama pada tanaman budidaya. Dengan menggunakan pestisida nabati, usaha pengendalian dapat dilakukan tanpa merusak lingkungan. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan berasal dari bahan alami yang mudah diperoleh. Pada latihan ini, peserta membuat pestisida dari bawang putih dan cabe/lombok kecil. Proses pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan cara merebus kedua bahan tersebut, lalu ditambah dengan sabun kemudian dibiarkan selama 1 malam. Sesudah itu, larutan dapat digunakan untuk penyemprotan hama.

Pelatihan pembibitan dan pembuatan pestisida nabati cukup menarik perhatian kelompok wanita tani, terlihat dari jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 orang. Adapun narasumber pelatihan yaitu Adnan,SP dan Ai Rosah Aisah, MSi serta tim BPTP NTB lainnya..(Ai Rosah Aisah dan Nurul Agustini)

Web Analytics