Berita

Penguatan Komitmen PNS melalui “Sumpah” dan “Pakta Integritas” di Sulewesi Selatan

Pin It

Sebagai abdi negara, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tuntut untuk berkomitmen menjalankan tugas negara dengan penuh tanggung jawab dan disiplin demi melayani kepentingan masyarakat umum.

Untuk menguatkan komitemen tersebut pada Rabu 5/08/2015,  PNS di Lingkup Badan Peneitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian melaksanakan Sumpah dan Pakta Integritas di  Aula Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Peserta yang melaksanakan sumpah terdiri dari 178 orang dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Litbang Kementerian Pertanian seperti Balai Besar Pelatihan Pertanian Sulawesi Selatan, Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat, Gorontalo dan Sulawesi Selatan. Turut hadir sebagai saksi dalam acara pengambilan sumpah tersebut adalah kepala dari masing-masing UPT tersebut.

Pelaksanaan sumpah juga didampingi oleh para rohaniawan yang mewakili agama masing-masing peserta. Semetara itu, Kepala  Balitbangtan Dr. Ir. Muhammad Syakir, MS bertugas mengambil sumpah dan Pakta Integritas didampingi dua orang saksi yaitu Sekretaris Badan Balitbangtan Dr. Ir Agung Hendriadi M. Eng dan  Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Pertanian Ir. Winahardi. MM.

Dalam pengarahannya Kepala Balitbangtan Dr. Ir Muhammad Syakir MS, menegaskan bahwa sumpah yang dilaksanakan oleh PNS merupakan ikrar kepada Tuhan Yang maha Esa dan pimpinan yang harus dipertangggungjawabkan. Sehingga setelah sumpah ini PNS dapat bekerja dan berkarya lebih baik lagi.

Selanjutnya, Muhammad Syakir mengharapkan agar menjadi PNS yang jujur, disiplin dalam menjalankan tugas, karena tugas PNS merupakan amanat dari rakyat dan pemerintah. Muhammd syakir juga menambahkan, bagi PNS di Lingkup Balitbangtan  harus menghasilkan inovasi teknologi yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, tidak hanya pandai membuat Karya tulis (M.F. Matenggomena)

Web Analytics