Berita

Magang CPNS Kementerian Pertanian Di BPTP NTB

Pin It

Pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pertanian sebelum menempati posisi masing-masing untuk tahun 2015 ini memiliki warna baru. Berdasarkan Pengumuman No. 1000/A2/Kp.110/05/2015, para CPNS diundang untuk menghadiri acara pembekalan pada tanggal 26/ 05/ 2015 di Kantor Pusat Kementerian Pertanian. Pada hari sama   dilanjutkan dengan orientasi pengenalan kerja di Unit Kerja Eselon I masing-masing.

Kemudian, pada 27/05/ 2015, para CPNS k mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Prajabatan Golongan III di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi. Penyelenggaraan diklat ini dibagai ke dalam 2 periode, yaitu periode I diselenggarakan mulai dari 27 Mei s/d 10 Juli dan periode II mulai dari 31 Mei s/d 11 Juli 2015. Diklat Prajabatan Golongan III ini diselenggarakan dengan pola baru, yaitu terdiri dari kegiatan internalisasi nilai dasar profesi PNS di PPMKP Ciawi dan aktualisasi nilai dasar profesi PNS (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi atau “ANEKA”) di satuan kerja. Salah satu bagian dari kegiatan parajabatan CPNS ini adalah magang di unit kerja calon penempatan mereka.

Tahun 2015 ini BPTP NTB mendapatkan 2 CPNS Golongan III yang sedang melakukan magang nilai dasar profesi PNS. Kegiatan magang dilaksanakan selama 13 hari dan dalam pelaksanaannya setiap CPNS didampingi oleh seorang mentor dari PPMKP Ciawi dan seorang mentor dari BPTP NTB. Sebelum tiba di BPTP NTB, para CPNS ini telah merancang agenda magang yang harus dilaksanakan selama periode magang.

Oleh PPMKP Ciawi, setiap CPNS dituntut untuk melaksanakan minimal 7 jenis kegiatan untuk mendapat nilai yang baik. Jenis kegiatan ini disesuaikan dengan sasaran kerja pegawai (SKP)yang telah dibuat oleh setiap CPNS, misalnya untuk seorang calon peneliti bentuk kegiatannya adalah membantu melaksanakan kegiatan penelitian dan membuat laporan penelitian, membantu mebuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, dan membantu menulis makalah IPTEK. Apabila  Apabila ada kegiatan yang tidak mungkin dilakukan, maka perlu dicari kegiatan lain, baik sebagai pengganti maupun tambahan, contohnya membantu analisa laboratorium, input data, membuat artikel berita dan lain-lain

Hasil dari kegiatan selama magang di satuan kerja akan dievaluasi pada tanggal 8 s/d9 Juli di PPMKP Ciawi. Hal yang paling penting dari kegiatan magang ini adalah bahwa setiap CPNS mampu mengimplementasikan nilai-nilai dasar profesi PNS dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Oleh karena itu, penyelenggaraan diklat prajabatan pola baru ini diharapkan dapat menciptakan PNS yang profesional sehingga dapat memberi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (Ai Rosah Aisah)

Web Analytics