Berita

Pembuatan “Torakur” (Tomat Rasa Kurma) dan Dodol Tomat Di Kelurahan Lendang Bedurik, Lombok Timur

Pin It

Lendang Bedurik adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Sekarteja, Kabupaten Lombok Timur yang menjadi lokasi pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) BPTP NTB. Sasaran utama  pendampingan adalah kelompok wanita tani yaitu kelompok pengajian “muslimat”.

Sebagai bagian dari kegiatan pendampingan MKRPL, BPTP NTB melaksanakan kegiatan pendampingan teknologi pengolahan pasca panen mengenai cara pembuatan “torakur”(tomat rasa kurma) dan dodol tomat pada hari Kamis (25/06/2015). Pemilihan materi ini didasarkan atas permintaan anggota wanita tani yang disampaikan melalui pertemuan sosialisai pada tanggal 16 Juni 2015 sebelumnya.

Pendampingan pelatihan pengolahan pasca panen ini bertujuan meningkatkan pengetahuan wanita tani sasaran tentang pengolahan pasca panen sayuran dengan harapan bahwa pengetahuan ini dapat menjadi motivasi dalam melaksanakan kegiatan KRPL di pekarangan, serta bisa menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah jika terjadi kelebihan produksi yang menyebabkan harga sayuran khususnya tomat menjadi turun.

Peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini terdiri dari ibu-ibu anggota pengajian “muslimat” sebanyak 22 orang dan dari POKJA 3 PKK Kecamatan Selong.  Sebagai narasumber adalah Baiq Tri Ratna Erawati, SP, M.Sc, dan Mardiana SP, serta tim BPTP NTB lainnya yaitu Nurul Agustini, SPt, , dan Rahmatullaila SST, M.Si.

Para pserta dilatih cara pembuatan “torakur” (tomat rasa kurma) dengan beberapa komposisi gula yang berbeda sesuai selera dan  cara membuat dodol tomat.

Diharapkan Kegiatan  serupa akan terus dikembangkan secara berkelanjutan, dan  pendampingan teknologi  lainnya direncanakan akan dilakukan pada tahap berikutnya. (Rahmatullaila, Nurul Agustini)

Web Analytics