Berita

Sosialisasi Dan Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian di BPTP NTB

Pin It

Peran penyuluh pertanian Balai pengkajianTeknologi Pertanuian ( BPTP) NTB sangat penting dalam melakukan upaya pendampingan untuk mendesiminasikan teknologi pertanian kepada para petani maupun penyuluh pertanian lapangan (PPL) di NTB.

Dalam mendukung peran tersebut, BPTP NTB melaksanakan sosialisasi hasil  Workshop Peningkatan Komunikasi dan Koordinasi Kelembagaan Penyuluh mendukung UPSUS Swasembada Pangan, yang telah diselenggarakan di Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), tanggal (24 -26/05/2015). Kegiatan sosialisasi tersebut dirangkai dengan Evaluasi Sistem Kerja Penyuluh Pertanian yang dilaksanakan pada Jum`at 26/06/2015 yang dihadiri  15 orang penyuluh pertanian BPTP NTB.

Ir. Kaharudin sebagai narasumber pertama menyampaikan beberapa materi diantaranya ; 1) Kebijakan penyuluhan dalam mendukung swasembada pangan berkelanjutan padi, jagung, dan kedelai; 2) Peran penyuluh dalam pendampingan UPSUS di wilayah binaan dalam penerapan dan pengembangan taman sains dan teknologi pertanian; 3) Sosialisasi penerapan sistem evaluasi kinerja penyuluh pertanian dan penerapan materi penyuluhan dalam media Cyber Extension; 4) Peraturan terkini  jabatan fungsional penyuluh  dan pengelolaan administrasi kepegawaian penyuluh; 5) Lesson learned pemanfaatan kegiatan diseminasi dan pengkajian sebagai angka kredit penyuluh.

Selanjutnya materi kedua tentang, Evaluasi Sistem Kerja Penyuluh Pertanian disampaikan oleh Ibrahim,SP dari Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanandan Kehutanan (BAKORLUH) Provinsi NTB. Ibrahim menjelaskan cara pengisian E-Form Sistem Kerja Penyuluh Pertanian secara on-line. E-form ini bertujuan untuk mengevaluasi kerja penyuluh pertanian secara mandiri yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Ibrahim mengharapkan, agar setiap tahun pada bulan oktober semua form evaluasi penyuluh pertanian sudah di isi dan di kirim secara on-line. (M.F Matenggomena)

Web Analytics