Berita

Pelatihan Pengelolaan Kebun Bibit Untuk Pendampingan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari di Markas Batalyon Infantri SWY/742 Mataram

Pin It

Sebagai tindak lanjut kerjasama yang telah dilakukan antara BPTP NTB dengan Batalyon Infanteri SWY/742 dalam kegiatan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), telah dilaksanakan pelatihan bagi para prajurit baru dalam mengelola Kebun Bibit (KB). Pelatihan bertempat di kompleks perumahan dan asrama Batalyon Infanteri SWY/742 di Gebang, Mataram pada Senin (22/6/2015).

Dalam kesempatan tersebut, para prajurit yang rata-rata masih sangat muda dan tampak bersemangat dilatih membuat persemaian bibit, media tanam, serta memindahkan tanaman dari tempat pembibitan.  Tidak kurang 23 orang ikut serta dengan antusias dalam pelatihan.  Dalam kesempatan tersebut, prajurit juga diberikan test awal (pre test) untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pengenalan prajurit terhadap pengelolaan pekarangan.

Materi pelatihan disampaikan oleh Adnan, SP dan Baiq Erawati, SP.M.Sc aantara lain mengenai karakteristik dan sifat-sifat berbagai jenis sayuran yang biasa ditanam di pekarangan serta bagaimana mengembangkannya.  Berbagai jenis tanaman sayuran tersebut antara lain bayam, tomat, kangkung dan cabe.

Pada acara pelatihan tersebut, BPTP NTB juga memberi bantuan berbagai jenis bibit seperti cabe, tomat dan sarana produksi seperti pupuk dan polibag..  Mengingat di kompleks perumahan Batalyon Ifanteri SWY/742 tersebut juga terdapat kolam, para prajurit juga mengharap agar BPTP NTB dapat memfasilitasi pengadaan bibit ikan agar kolam tersebut dapat dioptimalkan.

Para prajurit yang ikut serta dalam pelatihan tersebut sangat berharap agar pelatihan dapat dilanjutkan.  Para prajurit berharap jenis tanaman dapat diperbanyak sehingga pengetahuan dan pengalaman mereka dalam mengelola pekarangan semakin bertambah (Sumber : Nurul Agustini dan Mardiana).

Web Analytics