Berita

Sosialisasi Pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Desa Lendang Bedurik, Kec. Sekarteja, Kab.Lombok Timur

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat (BPTP NTB ) telah  melaksanakan pendampingan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) beberapa tahun terakhir. Untuk tahun 2015 lokasi pendampingan adalah lima Kelompok Wanita Tani (KWT) di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan hasil sosialisasi program MKRPL di BPTP Jawa Timur ditetapkan bahwa fokus pendampingan pada kelompok KRPL 2015 adalah kelompok yang dibangun oleh stakeholder yaitu BKP,PKK, LSM, TNI, Polri dan lain-lainnya.

Berdasarkan hasil identifikasi lokasi, untuk wilayah kabupaten Lombok Timur  salah satu  lokasi pendampingan KRPL adalah di kelompok Pengajian “Muslimat”, lingkungan Lendang Bedurik, Kelurahan Sekarteja, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Dalam rangka memperkenalkan program kegiatan KRPL di kelompok pendampingan telah diadakan sosialisasi yang dilaksanakan hari Selasa 16/06/ 2015 bertempat di Mushola An Nur, Lingkungan Lendang Bedurik, kelurahan Sekarteja, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur.

Peserta yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut sebanyak 55 orang terdiri dari dinas instansi terkait antara lain Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Timur, Tim Pengerak PKK kabupaten Lombok Timur, Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Timur, Lurah Sekarteja, Penyuluh Pertanian kelurahan Sekarteja, tokoh masyarakat Lingkungan Lendang Bedurik, tim BPTP NTB   dan Anggota kelompok pengajian Muslimat An Nur.

Dalam kesempatan tersebut beberapa materi  disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan pendampingan MKRPL BPTP NTB, Ir. A. Muzani yaitu antara lain menyangkut : 1). dasar pelaksanaan pendampingan melalui pendampingan MKRPL, 2). beberapa pengertian yang menyangkut KRPL, 3). bantuan yang diberikan dalam rangka pendampingan berupa teknologi dan materi yang dibutuhkan, namun tidak berupa dana tunai atau uang.

Sebagai tindak lanjut hasil sosialisasi, dilakukan identifikasi kebutuhan jenis tanaman yang akan dikembangkan di lahan pekarangan. Hasil identifikasi diperoleh 15 jenis tanaman yang diusulkan oleh seluruh anggota kelompok. Selain itu BPTP NTB akan memberikan pendampingan teknologi yang menyangkut kegiatan KRPL  antara lain : 1) pelatihan baik menyangkut budidaya tanaman dipekarangan maupun pelatihan teknologi pengolahan hasil dari tanaman pekarangan berupa teknologi pengolahan tomat menjadi manisan dan dodol tomat ; 2) penyiapan bahan bacaan/materi penyuluhan;  3) pendampingan/pembinaan secara reguler baik di kelas maupun di lapangan; dan 4) temu lapang. (Nurul Agustini)

Web Analytics