Berita

Pelatihan Penggunaan Bagan Warna Daun (BWD) Di BP3K Kecamatan Aikmal Kabupaten Lombok Timur

Pin It

Dalam rangka Percepatan Diseminasi Hasil-hasil Pengkajian Mendorong Pengembangan  Bioindustri Pertanian Di Nusa Tenggara Barat, Balai pengkajian teknologi pertanian (BPTP) NTB melaksanakan gelar teknologi pertanian di beberapa BP3K di NTB.

Gelar teknologi pertanian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) tentang teknologi inovasi pertanian. Pada Jum`at 5/06/2015, Penyuluh pertaninan BPTP NTB memberikan pelatihan tentang teknologi penggunaan bagan warna daun (BWD) di BP3K Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan percepatan diseminasi teknologi hasil pengkajian BPTP NTB. Peserta yang hadir dalam acara tersebut berjumlah 20 orang terdiri dari penyuluh pertanian dan Babinsa Kecamatan Aikmal.

Penyuluh senior BPTP NTB, Lalu Wirajaswadi MEd memaparkan, Untuk meningkatkan manfaat pupuk N pada padi sawah sebesar-besarnya tanpa memberi dampak yang merugikan, diperlukan cara pemupukan yang lebih efisien dan efektif.  Salah satu cara sederhana untuk menentukan dosis dan saat pemberian pupuk N yang tepat adalah dengan menggunakan Bagan Warna Daun (BWD), yaitu alat untuk mengukur warna daun padi.  Dengan bantuan alat ini dapat diketahui kapan seharusnya tanaman padi dipupuk.

Setelah mendapatkan teori tentang teknologi pengukuran dengan menggunakan BWD  penyuluh pertanian dan Babinsa berkesempatan melakukan pengamatan langsung menggunakan BWD  di lahan sawah pada tanaman padi yang berumur 14 hari setelah tanam. Setelah  melakukan  pengamatan  hasil pengamatan tersebut digunakan untuk merekomendasikan apakan tanaman padi diberikan pupuk susulan N atau tidak. Hasil pengamatan  bahwa tanaman padi tersebut   harus segera diberikan pupuk N susulan.(Ir. Kaharudin, M.F Matenggomena).

Web Analytics