Berita

Sosialisasi Pembuatan Petak Omisi Bersama Penyuluh Pertanian Kecamatan Sandubaya Kota Mataram

Pin It

Dalam rangka percepatan desiminasi teknologi Badan Litbang Kementerian pertanian, maka Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB melaksanakan kegiatan gelar teknologi di beberapa Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutananan (BP3K) di NTB. Salah satu teknologi yang di kembangkan adalah pembuatan petak omisi.

Pada hari rabu 27/05/2015 Penyuluh BPTP NTB melaksanakan sosialisasi cara pembuatan petak omisi. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh pertanian lapangan (PPL), sebagai bekal untuk melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah kerja penyuluh pertanian (WKPP). Peserta yang hadir  dalam acara tersebut sebanyak 8 orang penyuluh.

Narasumber dari BPTP NTB Lalu Wirajaswadi,MEd menjelasakan bahwa petak omisi  merupakan teknik rekomendasi pemupukan dengan cara mengetahui kemampuan lahan untuk mensuplai hara yang dibutuhkan tanaman tanpa input yang diberikan. Di dalam tanah terdapat unsur hara  yang dibutuhkan oleh tanaman. Dengan cara mengurangi salah unsur N, P, K, akan dapat dilihat hasil padi yang di tanam. Hasil tersebut dapat dijadikan rekomendasi pemupukan di wilayah tersebut ( spesifik lokasi).

Metode petak omisi memudahkan petani secara sederhana untuk memberikan rekomendasi pemupukan untuk lahannya sendiri, sehingga petani hanya memberikan pupuk yang diperlukan oleh tanaman. Menurut LaluWirajaswadi rekomendasi pemupukan menggunakan petak omisi lebih akurat dari pengujian lainnya. (M.F Matenggomena, Nurul Agustini)

Web Analytics