Berita

Kunjungan Siswa Madrasah Aliyah Kediri Ke BPTP NTB

Pin It

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB mempunyai tugas pelayanan untuk menyarakat NTB. Salah satu tugas pelayanan tersebut adalah menyebarluaskan penerapan inovasi hasil penelitian Badan Litbang Pertanian dengan memberikan pengetahuan melalui berbagai kegiatan  pengkajian dan desiminasi inovasi petanian, pendampingan petani, serta menerima kunjungan bagi masayarakat yang ingin mengetahuai informasi di BPTP NTB.

Sebagai salah satu wujud pelayanan tersebut, Pada kamis (26/03/2015), BPTP NTB menerima kunjungan 28 orang siswa Madrasah Aliyah Dakwah Islamiah Putra (MADIP) Nurul Hakim Kediri Kabupaten Lombok Barat. Rombongan didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah dan disambut oleh Dr. Drh. Nurul Hilmiati selaku Kepala Seksi Kerja Sama dan Pelayanan Pengkajian BPTP NTB di ruang aula BPTP NTB.

Wakil Kepala Sekolah MADIP Nurul Hakim, Nanang Musthofa Kamal S.Pi dalam pengantarnya menyampaikan maksud kedatangan rombongan untuk mendapatkan pengetahuan dan bimbingan teknis pertanian dari BPTP NTB, sebagai bagian dari praktek siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Acara kunjungan  diawali dengan pemaparan dan diskusi tentang hasil pendampingan MKRPL dan pengenalan benih sumber UPBS  BPTP NTB, yang disampaikan oleh penyuluh pertanian BPTP NTB Baiq Arie Sudarmayanti SP dan Sabar Untung SP. Siswa MADIP sangat bersemangat menyimak materi yang disampaikan, terlihat banyak pertanyaan yang disampaikan dalam diskusi.

Selanjutnya rombongan siswa berkesempatan untuk mengunjungi kebun percobaan BPTP NTB yang merupakan visitor plot inovasi teknologi hasil pengkajian BPTP NTB. Selanjutnya para siswa dibawa ke Kebun Bibit Induk (KBI) untuk mendapatkan penjelasan dari Teknisi BPTP NTB Abdul Gafartentang pemanfaatan pekarangan dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dan cara pemeliharaan tanaman yang ada di dalam KBI.

Dari KBI rombongan melanjutkan kunjungan ke visitor plot  aneka tanaman, disini diperkenalkan berbagai varietas  tanaman padi, kedelai dan jagung . Selain itu  juga dalam kesempatan yang sama dijelaskan tentang  kelebihan dan kekurangan beberapa varietas padi, kedelai, dan jagung .

Kunjungan rombongan berakhir di Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS). Manajer UPBS, Sabar Untung menjelaskan bahwa, UPBS merupakan salah satu kegiatan di BPTP NTB untuk mempercepat penyebar luasan varietas-varietas baru bagi komoditas strategis seperti padi, jagung dan kedelai.

Sebagai akhir kunjungan, Nurul Hilmiati memberikan cendera mata kepada Wakil Kepala Sekolah  dan buku bacaan untuk siswa MADIP sebagai tambahan ilmu pengetahuan. (M.F. Matenggomena)


 

Web Analytics