Berita

Panen Padi Tim UPSUS Swasembada Pangan NTB di Desa Pendem Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Dalam upaya pencapaian swasembada berkelanjutan padi jagung  dan Kedelai, lahan merupakan salah satu faktor produksi utama yang tak tergantikan. Namun permasalahan substansif yang dihadapi dalam percepatan pencapaian swasembada pangan antara lain : (1). Alih fungsi dan fragmentasi lahan pertanian: (2). Rusaknya infrastruktur /jaringan irigasi: (3). Semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian serta kurangnya  peralatan  mekanisasi pertanian: (4). Masih tingginya susut hasil (losses): (5). Belum terpenuhinya kebutuhan pupuk dan benih sesuai rekomendasi spesifik lokasi serta belum memenuhi enam tepat: (6). Lemahnya permodalan petani: (7). Harga komoditas pangan jatuh dan sulit memasarkan hasil pada saat panen raya.

Dalam rangka pencapaian swasemabada berkelanjutan padi, jagung serta kedelai diperlukan koordinasi dan sinergitas program dan kegiatan antara unit eselon I lingkup Kementrian Pertanian termasuk dengan kementrian terkait lainnya. Oleh karenanya Tim Upaya Khusus (UPSUS)  Provinsi NTB  saat ini sudah mulai memantau hasil dengan mengikuti acara panen padi di Dusun Penuntut Desa Pendem Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah pada hari Kamis (19/03/2015)

Acara Panen Padi dihadiri oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi NTB dan Kepala Badan Pusat  Statistik Kabupaten Lombok Tengah serta diikuti oleh Tim UPSUS Provinsi NTB, terdiri dari  Kepala BPTP NTB Sekretaris Badan Ketanan Pangan Provinsi NTB dan Kepalaa Instansi  lingkup pertanian Provinsi dan Kabupaten Lombok Tengah

Panen padi dilaksanakan pada lahan sawah petani dengan hasil panen yang dikonversikan dalam satu hektar sawah varietas Ciliwung mencapai hasil panen  sebesar 5,97 t/ha dan 4,67 t/ha GKP (hasil konversi). . Dari dua tempat panen padi ubinan yang dilakukan pada lahan petani,   diharapkan petani akan bersedia menggunakan varietas yang dianjurkan oleh penyuluh setempat yang merujuk pada hasil  uji adaptasi yang telah dilakukan oleh BPTP – NTB    yang menghasilkan  rekomendasi teknologi   berupa beberapa varietas yang sesuai dengan lokasi petani dan  mempunyai produktivitas tinggi ( H. Sahram, Nurul Agustini).

Web Analytics