Berita

Peluang Usaha Ayam KUB Sangat Menjanjikan di BPTP NTB

Pin It

Pengkajian dan Desiminasi Teknologi Hasil Pertanian,  merupakan tugas pokok dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanain ( BPTP)  NTB. Dalam rangka menjalankan tugas pokok tersebut  BPTP NTB melaksanakan berbagai kegiatan termasuk pendampingan kepada petani serta penyediaan visitor plot untuk mendemontrasikan teknologi yang ada di BPTP yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Salah satu visitor plot di kebun percobaan BPTP NTB adalah visitor plot Aneka Ternak dengan unggulan pengembangan ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (ayam KUB)

Penangung jawab Visitor Plot Aneka Ternak  Totok B Julianto, SPt menjelaskan bahwa tujuan Vistor Plot Aneka Ternak yang pertama untuk mendesiminasikan hasil pengkajian BPTP NTB Di Bidang Peternakan, kedua sebagai tempat pembelajaran bagi petani,peternak Penyuluh pertanian lapangan, siswa dan mahasiswa serta masyarakat umum lainnya

Lebih lanjut, totok mengungkapkan bahwa pengembangnan Ayam KUB merupakan program unggulan BPTP NTB. Ayam KUB ini mempunyai beberapa keunggulan diantaranya memiliki rasa daging khas ayam kampung, dapat dipelihara sebagai ayam pedaging maupun petelur,  pertumbuhannya cepat dimana umur 6 minggu siap dipotong dan produksi telur cukup tinggi, mencapai  130-160 butir/ekor/tahun.

Dengan keunggulan-keunggulan ayam KUB ini,Totok sangat optimis, peluang pasar bagi ayam KUB sangat menjanjikan apabila tersedia produk secara kontinyu. Pemasaran Ayam KUB dilakukan pada umur 45 hari dan pada umur 20 bulan atau disesuaikan dengan permintaan pasar. Saat ini banyak permintaan dari rumah makan, lesehan, pedagang pengumpul dan masyarakat sekitar. “.

Labih jauh, totok menjelaskan teknologi pemeliharaan Ayam KUB menggunakan Manajemen teintegrasi yang meliputi , Manajemen pakan, perkandangan, pemeliharaan Kesehatan  Serta sanitasi lingkungan.

Saat ini di Visitor Aneka ternak sedang malakukan pengkajian tentang penambahan pemberian pakan Pada ayam KUB Menggunakan daun kelor. ( M.F. Matenggomena)

Web Analytics