Berita

Sosialisasi Program ARISA di BPTP NTB

Pin It

Dalam rangka pencapaian tugas dan fungsi pokok sebagai lembaga pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat (BPTP NTB) telah membangun kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri. Pada  Senin 16/02/2015, BPTP NTB menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi program Applied Research and Innovation System in Agriculture Project (ARISA). ARISA adalah sebuah program yang ,menyediakan dana hibah bersifat tanggung bersama untuk kegiatan-kegiatan penelitian terapan dan sistem inovasi pertanian dengan mendorong keterlibatan perusahaan dan fihak swasta. ARISA merupakan program kerjasama kemitraan antara Australia dan Indonesia untuk Pengembangan Ekonomi Perdesaan khusus untuk wilayah Jawa Timur, NTB, dan NTT..

Acara sosialisasi dihadiri oleh perwakilan dari BAPPEDA PROVINSI NTB, Dinas terkait  Provinsi NTB, Perguruan Tinggi Negri dan Swasta, dan Perusahaan Swasta. Sebagai narasumber dari project ARISA adalah manajernya langsung, Robert Caudweel, didampingi Lauren Xie dan Saediman. Sementara Kepala BPTP NTB yang diwakili oleh Kepala Sub BagianTata Usaha Ir. Sofyan Souri   membuka acara tersebut.

Robert Caudweel dalam pemaparannya menjelaskan bahwa tujuan ARISA adalah untuk meningkatkan jumlah dan volume inovasi-inovasi yang relevan untuk menjangkau petani kecil dengan mendukung kolaborasi antara lembaga penelitian dan perusahaan swasta yang ingin memproduksi secara komersil dan mendesiminiasikan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi petani kecil. “ melalui inovasi-inovasi kita dapat berusaha untuk meningkatkan pendapatan petani sebesar 30% pada akhir 2018”, demikian ditegaskan oleh Robert Caudweel.

Dalam pemaparan selanjutnya, Lauren Xie menyampaikan bahwa dana hibah ARISA ini digunakan untuk melakukan penelitian terapan dan adaptif dalam rangka mengkomersialkan inovasi-inovasi yang ada di Indonesia Timur, dan bukan pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan atau teknologi baru. Sedangkan Saediman menjelaskan kriteria pengusul dana hibah bagi lembaga penelitian dan perusahaan swasta yang berminat.

Respon Peserta sosialisasi  cukup baik , dengan banyaknya pertanyaan yang di ajukan terkait dengan proses penelitian ARISA. (MF. Matenggomena, Nurul Agustini).

Web Analytics