Beberapa Cara Mempersiapkan Media Tanam, Perbenihan Tanaman Buah Dan Sayur

Parent Category: Artikel
Created: Tuesday, 11 March 2014 07:06
Published: Tuesday, 11 March 2014 07:06
Written by Nani Herawati dan Bq. Arie Sudarmayanti
Hits: 65109

Pendahuluan

Dalam usaha budidaya tanaman sayuran dan buah-buahan salah satu komponen penting dalam keberhasilanya adalah mempersiapkan media tanam yang sesuai bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Komposisi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman harus tersedia dalam jumlah dan komposisi yang mencukupi.

Media tanam yang alami terdiri atas campuran tanah dan bahan-bahan organik yang memiliki kandungan hara yang tinggi. Selain itu ketersediaan air dalam media tanamĀ  harus mencukupi atau tingkat kelembaban yang relatif lebih tinggi dari areal tanam biasa.

Tanaman buah dan sayur-sayuran sangat menyukai bahan organik berupa pupuk kompos yang berasal dari sisa bahan-bahan organik, kotoran ayam, kotoran kambing maupun kotoran sapi yang telah matang. Tanah yang dipegunakan untuk media tanam adalah tanah yang diambil pada kedalaman 5 cm dibawah permukaan. Tanah yang berlempung pasir adalah media tanam yang baik karena tanah tersebut memiliki karakteristik yang baik lempung berfungsi sebagai perekat media tanam, sedangkan pasir bermanfaat untuk memberikan porositas yang baik bagi tanaman.

Adapun caranya sebagai berikut :

Mempersiapkan media tanam faktor pentingnya adalah pupuk kompos karena keberhasilan penanaman buah dan sayur-syuran terletak pada penyediaan bahan organik dan pupuk kompos yang sudah matang.

Adapun cara mempersiapkan media kompos adalah sebagia berikut :

Beberapa jenis tanaman sayuran dan buah ada yang harus dilakukan penyemaian terlebih dahulu dan ada yang langsung dilakukan penanaman langsung di polybag atau dilahan tanpa harus melewati tahap penyemaian. Ada banyak tanaman hortikultura yang dibudidayakan dengan melalui tahap penyemaian terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengurangi kematian akibat tanaman yang belum siap dengan kondisi lapangan, untuk melindungi tanaman dari cuaca atau gangguan tanaman lainya.

Tanaman yang memerlukan tahap penyemaian biasanya mempunyai siklus panen menengah hingga panjang dan memiliki benih yang kecil-kecil. Untuk tanaman dengan siklus panen cepat seperti bayam dan kangkung tahap penyemaian menjadi kurang ekonomis. Sedangkan untuk tanaman yang memiliki biji besar sebaiknya di tanam dengan tugal langsung kedalam tanah atau di lahan. Untuk tanaman yang memiliki biji relatif lebih besar relatif tahan terhadap kondisi lingkungan karena di dalam benihnya telah di kandung zat yang mengawali dan menopang awal pertumbuhan. Beberapa jenis tanaman yang biasa dilakukan penyemaian terlebih dahulu adalah tomat, cabe, sawi, selada, bayam, dsbnya.

Penyemaian memerlukan tempat dan perlakuan khusus yang berbeda dengan kondisi lapangan, untuk itu diperlukan tempat yang terpisah dengan tempat pertanaman. Bisa menggunakan menggunakan tray, cetakan, polybag, atau bedengan biasa. Untuk membuat media persemaian berbentuk tray/polybag/cetakan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu :

Untuk tanaman buah seperti buah pepaya dan pisangĀ  dapat dilakukan dengan jalan membuat lubang dengan kedalaman 1 meter dan sekitar lubang diberikan pupuk kandang yang telah matang untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat berjalan dengan baik.

Membuat Perbenihan Tanaman Buah Dan Sayur

Bahan yang dibutuhkan:

Alat yang dibutuhkan

Cara membuat benih tomat

Perbenihan Cabai

Bahan yang dibutuhkan:

Alat yang dibutuhkan:

Cara membuat benih Cabai

Sumber :

alamtani.com/Media-Persemaian-hortikultura

Web Analytics