Layanan Perpustakaan BPTP NTB

Pin It

Perpustakaan dikenal masyarakat sebagai tempat buku-buku dikoleksi, yang diletakkan dan ditata dengan baik sesuai dengan jenis buku.  Berbagai jenis buku bisa  didapat pada perpustakaan umum, baik buku tentang ilmu pengetahuan, buku-buku karya ilmiah, karya tulis populer atau sekedar karangan cerita fiksi, hikayat, prosa, puisi atau syair. Pada beberapa perpustakaan disediakan tempat baca dan fasilitas lainnya termasuk komputer.  Peran perpustakaan sangat penting untuk memajukan kecerdasan bangsa, itulah sebabnya hampir di setiap sekolah maupun perguruan tinggi terdapat perpustakaan, bahkan di kantor pemerintah maupun swasta.

Beberapa tahun belakangan ini sebagian perpustakaan sudah bisa dikatakan ketinggalan zaman, sehingga menjadi sepi pengunjung.  Mengapa demikian?  Sejak penggunaan komputer dengan jaringan internet-nya semakin marak, masyarakat sudah relatif lebih mudah untuk mencari informasi melalui fasilitas tersebut. Segala informasi bisa diperoleh tanpa dibatasi tempat dan waktu, seseorang bisa mencari informasi yang diinginkannya di mana saja : di rumah, di kantor, di restoran dan lainnya; dan kapan saja selama 24 jam.  Namun bukan berarti komputer dengan internet-nya tanpa ada kekurangannya; karena ada sebagian informasi yang tersedia tidak dapat diakses dengan gratis.

Seperti fungsi perpustakaan masa lalu ketika orang sulit mendapatkan informasi, sehingga mengharuskan  mereka mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan ilmu dan informasi yang dibutuhkan dengan membaca buku-buku yang tersedia di sana. Perpustakaan memang harus mengikuti perubahan kemajuan teknologi di jaman moderen ini (agar tidak ketinggalan jaman). Fungsi perpustakaan di zaman moderen ini bisa membantu pengguna atau pencari informasi  untuk dapat mengatasi  kesulitan, seperti akses informasi yang tidak gratis atau harus mereka bayar.  Sudah banyak perpustakaan yang dilengkapi dengan komputer dan internet, tetapi masih terbatas penggunaannya kecuali menjadi anggota perpustakaan yang bersangkutan.

Di Perpustakaan BPTP NTB, tersedia koleksi buku-buku lama maupun  baru (pada kesempatan lain akan disajikan daftar buku-buku yang tersedia). Tersedia ruang untuk baca dan tersedia komputer yang tersambung jaringan internet.  Terdapat  beberapa jurnal, buletin dan informasi lainnya dari instansi lingkup Badan Litbang Pertanian. Disamping itu Perpustakaan BPTP NTB menyediakan layanan bagi karyawan dan karyawati BPTP NTB maupun dari umum, yang membutuhkan hasil publikasi BPTP NTB seperti liptan, folder, brosur, infotek maupun prosiding.  Jika  membutuhkan artikel jurnal yang berasal dari luar BPTP NTB maupun luar negeri, pustakawan BPTP NTB akan membantu untuk mendapatkan informasinya.

Bagi yang memerlukan informasi yang terkait dengan pertanian (sub sektor Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan dan Perkebunan) bisa berkunjung ke Perpustakaan BPTP NTB.  Beberapa informasi yang tidak dapat diakses langsung melalui Website BPTP NTB, bisa langsung berkunjung ke Perpustakaan BPTP NTB dan menghubungi pustakawan yang akan membantu yaitu :

  1. Ismail Ahmad, BSc.
  2. Hamid Nurtika, AMD.

Diharapkan Perpustakaan BPTP NTB selalu dapat memberikan layanan baik bagi semua pihak yang membutuhkan informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang pertanian (tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perkebunan).

 

Web Analytics