Sehat Dengan Menjadi Vegetarian

Parent Category: Artikel
Created: Wednesday, 21 December 2011 06:55
Published: Wednesday, 21 December 2011 06:55
Written by B. Arie Sudarmayanti
Hits: 4088

Masyarakat Indonesia pada umumnya adalah masyarakat yang suka mengkonsumsi semua jenis makanan, padahal tidak semua jenis makanan baik untuk dikonsumsi. Justru dengan mengkonsumsi makanan dari alamlah yang membuat kita terbebas dari berbagai macam penyakit, dengan mencegah datangnya penyakit diprediksikan umur manusia bisa lebih lama. Ternyata penyebab kematian terbesar disebabkan oleh penyakit darah tinggi yang berujung pada stroke dan kemudian menyebabkan kematian karena penyakit ini begitu ganas. Data Kementrian Kesehatan Indonesia 2008 memperlihatkan bahwa stroke merupakan penyebab kematian nomor satu pada pasien yang dirawat di rumah sakit. Penyakit kolesterol berlebih juga disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, jadi mulai sejak dini kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan pola makanan yang seimbang dan tidak mengurangi nilai gizinya.

Seorang Vegetarian hanya mengkonsumsi biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan saja, karena makanan hewani seperti daging pada umumnya dapat mempersempit pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh. Kalsium bisa didapatkan dari mengkonsumsi susu kedelai, kacang merah kering, tahu, dan lainnya. Makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan pada umumnya mudah dicerna oleh sistim pencernaan dalam tubuh kita dan tidak menyebabkan penyumbatan pada peredaran darah. Dengan mengkonsumsi bahan makanan nabati bisa membantu menyembuhakn berbagai macam penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Setiap buah dan sayur ataupun kacang-kacangan dan biji-bijian masing-masing memiliki khasiat dan nilai gizi misalnya saja pada sayur wortel, wortel memiliki khasiat sebagai pencegah rabun senja, dan memiliki kandungan gizi (Kalori 42,00 kal, 1,20 gr Protein, Lemak 0,30 gr, Karbohidrat 9,30 gr, Kalsium 39,00 mg, Posfor 37,00 mg, Zat besi 0,80 mg, Vitamin A 12000,00 S.I, Vitamin B1 0,06 mg, Vitamin C 6,00 mg, dan Air 88,20 gr). Ini didapatkan baru pada satu jenis sayur dan jika dikombinasikan dengan sayur, buah dan kacang-kacanagan atau biji-bijian yang lain bisa memenuhi kebutuhan gizi yang bisa menghasilkan energi bagi tubuh dan tetntunya tidak membahayakan kesehatan, tidak perlu khawatir dengan serangan-serangan penyakit yang mematikan karena dengan menerapkan hidup vegetarian hidup menjadi lebih sehat, segar dan tidak menyebabkan lemak berlebih karena kandungan seratnya yang cukup.

Kandungan zat gizi yang terdapat didalam sayur dan buah dapat dirincikan asupan gizinya sebagai berikut:

Berdasarkan kandungan gizi yang terdapat pada sayur dan buah terdapat banyak vitamin apalagi jika dipadukan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian. Tugas kita hanya memadukan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga bisa mendapatkan tubuh yang sehat, dengan tubuh yang sehat diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dan mendapatkan umur yang panjang, sayangi kesehatan tubuh kita sejak dini, mencegah lebih baik dari mengobati.

Web Analytics