Pendampingan Teknologi Budidaya Nanas Longseran

Pin It
Sebagai sebuah institusi yang bergerak memajukan pembangunan khususnya di Bidang Pertanian BPTP NTB menjalankan tugas pokoknya yaitu melakukan rekayasa dan mengembangkan inovasi pertanian spesifik lokasi ,meningkatkan percepatan Diseminasi kepada steak holder maupun pengguna serta meningkatkan jaringan kerjasama penelitian dan pengkajian dengan pihak lain. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas ,pendapatan dan kesejahteraan petani melalui pemberdayaan keluarga petani dan organisasi petani dalam rangka mengakses informasi, teknologi,  modal dan sarana produksu untuk mengembangkan kemitraan dengan sektor diantaranya dilakukan  ”Pendampingan Teknologi Budidaya Nanas Longseran ”.Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pendampingan ini adalah :
  1. Melakukan pertemuan secara intensif dengan petani nanas Longseran, PPL,PPL swadaya dan pihak terkait termasuk didalamnya pihak peneliti dan penyuluh BPTP NTB. Kegiatan pertemuan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dari petani tentang berbagai hal yang berhubungan dengan budidaya nanas dan faktor yang mendukung kegiatan pertanaman nanas ,sehingga dengan kegiatan pertemuan rutin ini diharapkan petani dapat melakukan tukar informasi sehingga didapatkan formulasi yang baik dalam hal memperbaiki dan memberikan input teknologi budidaya nanas kepada petani mulai dari informasi awal berupa persiapan tanam, pengolahan tanah, penentuan jarak tanam, pemupukan, penyiangan, pengendalian hama penyakit, serta ditambah dengan alsintan.
  2. Melakukan demonstrasi secara langsung berama para petani nanas Longseran sehingga diharapkan petani dapat terlibat secara langsung dalam penerapan teknologi dan dapat mereview kembali sehingga kedepanya dapat di praktekan secara langsung. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kemitraan antara peneliti, penyuluh, dan petani.
  3. Kegiatan pertemuan di area pertanaman untuk mengevaluasi dan mengecek kembali terhadap apa yang telah dilakukan pada area pertanaman dan mencatat dengan baik seluruh perlakuan yang ada.
  4. Evaluasi Akhir seluruh kegiatan yang dilakukan, dan merencanakan apa yang akan dilakukan pada tahap berikutnya. Hal ini bertujuan agar para petani, penyuluh swadaya dan peneliti dapat merencanakan apa yang dilakukan selanjutnya.
Web Analytics