Kelor Pakan Suplemen Untuk Ternak

Parent Category: Artikel
Created: Monday, 14 March 2011 19:36
Published: Monday, 14 March 2011 19:36
Written by Kaharudin dan Tanda Panjaitan
Hits: 5537
KELOR PAKAN SUPLEMEN UNTUK TERNAK
Kaharudin dan Tanda Panjaitan

PENDAHULUAN

Pakan merupakan salah satu faktor penting mendukung keberhasilan usaha peternakan. Pakan dengan kualitas dan kuantitas yang cukup sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan produksi ternak. Keterbatasan tersedianya hijauan pakan merupakan salah satu kendala terbesar dalam meningkatkan produksi ternak sapi  di Nusa Tenggara Barat.

Pakan hijauan cukup tersedia pada musim hujan namun ketersediaannya terus menurun memasuki musim kemarau. Walaupun jumlah pakan cukup tersedia pada musim hujan sering kali kualitas nutrisinya belum dapat memenuhi kebutuhan ternak terutama pakan berasal dari rumput alam yang memang mempunyai kandungan nutrisi yang rendah dan kualitas nutrisinya menurun sangat cepat seiring dengan musim kemarau. Sehingga sering kali ternak mengalami kekurangan nutrisi hampir sepanjang tahun.

Pemberian suplemen atau pakan tambahan berupa daun-daunan dari tanaman yang mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi dapat meningkatkan daya cerna di dalam rumen  terhadap hijauan rumput maupun pakan berkualitas rendah lainnya yang masih tersisa pada musim kemarau seperti jerami, sehingga pemanfaatan rumput dan sisa pertanian sebagai pakan dasar dapat dioptimalkan dan kebutuhan nutrisi ternak terpenuhi.

KELOR SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN

Kelor (Moringa oleifera Lam) merupakan tanaman pohon yang banyak digunakan sebagai pagar hidup dimana buah dan daunnya banyak dimanfaatkan sebagai sayuran dapat digunakan sebagai sumber pakan suplemen untuk ternak karena mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi seperti kandungan protein kasarnya berkisar antara 19-26% dengan asam amino yang lengkap (Tabel 1).

 

Tabel 1. Kandungan nutrisi daun dan buah segar dari tanaman kelor

Komponen

Daun

Buah

Bahan Kering (%)

25,0

12,9

Protein Kasar (% BK)

Mineral: Calsium dan Kalium (mg/100g)

Vitamin: A, B dan C (mg/100g)

19,3-26,4

30 dan 260

6,8; 423 dan 220

16

440 dan 260

0,11; 423 dan 120

 

Daun dan batang muda dari tanaman kelor dapat digunakan sebagai pakan suplemen atau pakan tambahan untuk meningkatkan konsumsi pakan dasar berkualitas rendah pada ternak sapi sebanyak 0,5 sampai 1% dari berat badan dalam bahan kering, namun dapat juga diberikan sebagai pakan tunggal pada ternak sapi jika jumlahnya cukup tersedia.  Pemberian pada sapi disajikan pada Tabel 2.

Tabel 2. Pemberian daun dan ranting kelor sebagai pakan suplemen untuk ternak sapi

Berat Badan

(Kg)

Pemberian

(% BK) dari BB

Jumlah diberikan

(Kg, segar)

100

0,5 – 1,0

2 – 4

200

0,5 – 1,0

4 – 8

300

0,5 – 1,0

6 – 12

 

Gambar 1. Sapi betina dewasa yang diberi pakan suplemen berupa daun kelor

KELOR MINERAL BLOK

 Produksi hijauan daun kelor yang berlebih pada waktu musim hujan dapat diawetkan dan diberikan pada ternak dalam bentuk block setelah ditambahkan dengan mineral yang penting atau yang dibutuhkan ternak sepanjang musim sehingga menjadikan kelor mineral blok ( KMB )  sebagai asupan nutrisi baik protein, karbohidrat maupun mineral sepanjang musim untuk di daerah dimana ketersediaan pakan berkualitas baik sangat terbatas. Manfaat pemberian Kelor Mineral Blok : dapat membantu proses pencernaan, meningkatkan nafsu makan, membantu proses pertumbuhan, menambah kekurangan mineral.

APLIKASI   






 

 

 

Web Analytics