Model Diseminasi Era Milenial

Pin It

Materi inovasi hasil penelItian dan pengkajian di BPTP NTB sangat banyak, namun belum semua disebarluaskan melalui media elektronik atau media sosial. Untuk itu diperlukan kreativitas dari setiap peneliti dan penyuluh untuk menyiapkan materi inovasi dari masing-masing komoditas (komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan), tentu saja materi inovasi yang mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pengguna terutama petani milenial. Pelaksanaan diseminasi inovasi teknologi diperlukan strategi dan persiapan yang matang mulai dari penyediaan media informasi inovasi, materi inovasi, jaringan informasi inovasi, dan jaringan kerjasama diseminasi inovasi yang lebih luas. Pertama, menyediakan media informasi elektronik yang digunakan dalam penyebarluasan informasi inovasi teknologi, seperti website, email, facebook, twiter, whatsapp, youtube. Kedua, menyediakan materi inovasi teknologi komoditas dan inovasi lainnya yang lebih praktis, mudah dibaca dan dipahami serta dapat diaplikasikan oleh pengguna. Ketiga, membangun jaringan informasi inovasi dengan stakeholder (dinas teknis propinsi dan kabupaten) melalui jaringan kerjasama website. Keempat, membangun jaringan kerjasama dengan stakeholder (Dinas instansi terkait, pengusaha, kontak tani, penangkar, gapoktan/poktan) dalam pelaksanaan diseminasi inovasi teknologi dalam bentuk laboratorium lapang, perbanyak denfarm, demplot, demarea agar petani yang tidak mampu mengakses informasi inovasi melalui media elektronik dapat melihat dan mengalami secara langsung.

+ Selengkapnya...

Web Analytics