Kajian Keragaan Agronomi Kedelai Varietas Devon 1 Pada Lahan Sawah Tadah Hujan Di Kabupaten Lombok Tengah

Pin It

Kedelai merupakan salah satu sumber pangan fungsional yang mengandung protein tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan. Pemanfaatan kedelai di Indonesia, umumnya digunakan untuk konsumsi bahan pangan (> 80%), bahan baku industri (10%), benih (2%), dan pakan (7%) (Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian 2016). Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kesadaran untuk hidup sehat maka kebutuhan konsumsi kedelai berpotensi meningkat (Krisnawati 2017). Sejauh ini, Indonesia masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan kedelai. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya untuk menigkatkan produktivitas kedelai guna mengurangi impor.
Penggunaan varietas unggul baru (VUB) kedelai diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kedelai. Salah satu VUB kedelai yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk olahan adalah varietas Devon 1 yang mengandung isoflavon tinggi yaitu 2.219,7 μg/g (Balitkabi 2016). Olahan kedelai diantaranya berupa tahu, tempe, kecap, dan susu kedelai.
Varietas Devon 1 memiliki potensi untuk dikembangkan di daerah sentra kedelai. Provinsi NTB merupakan salah satu daerah penghasil kedelai di Indonesia dengan daerah pengembangan salah satunya berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah. Luas panen kedelai Kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2016 yaitu 24.358 ha dengan produktivitas sebesar 0,98 ton/ha (Dipertabun Provinsi NTB 2018).

+ Selengkapnya...

Web Analytics