Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si

Pin It

 


 

Nama : Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si.
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S3
Jabatan : Kepala Balai
Bidang Penelitian : Ilmu dan Teknologi Benih
E mail : 

 

Awaludin Hipi, mendapatkan gelar sarjana pada Fakultas Pertanian Program Studi Mekanisasi Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, pendidikan S2 dalam bidang Agronomi, di Universitas Mataram, dan pendidikan S3 di bidang Ilmu dan Teknologi Benih pada Institut Pertanian Bogor (IPB).

Untuk menambah wawasan tentang pemuliaan dan perbenihan jagung, yang    bersangkutan mengikuti training yang diselenggarakan oleh CIMMYT yaitu “The First Annual Meeting”Enhancing Maize Productivity in Drought-Prone Environments in East and Southeast Asia” tahun 2006 di Bangkok Thailand, dan  The Asian Maize Network (AMNET) Kunming City Yunan China, pada tahun 2008. 

Pada tahun 2010 jenjang peneliti meningkat menjadi Peneliti Madya pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP- NTB), sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Kerjasama & Pelayanan Pengkajian di BPTP NTB. Karya ilmiah dan hasil penelitian yang telah dipublikasikan lebih dari 40 artikel ilmiah, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, surat kabar, prosiding, dan bulletin. Juga terlibat sebagai peneliti pada pelepasan varietas unggul jagung antara lain Srikandi Kuning-1, Srikandi Putih-1, hibrida Bima-2 – Bima-11, dan  hibrida NASA-29. Kegiatan yang terus dilakukan adalah :(i) Aktif dalam penelitian jagung hibrida yang siap di lepas,(ii) aktif dalam penelitian dan diseminasi varietas unggul baru khususnya jagung; serta (iii) kegiatan penelitian penyediaan benih unggul tanaman pangan khususnya jagung hibrida.

Pada tahun 2017 tepatnya bulan Agustus ditugaskan sebagai kepala Balai Pengkajian Teknologi Gorontalo hingga September 2019. Dan saat ini tugas sehari-hari sebagai Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB

 

Publikasi :

 

 

Web Analytics