Ir. Muji Rahayu, M.Si

Pin It

 


 

Nama : Ir. Muji Rahayu, M.Si
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S2
Jabatan : Peneliti  Ahli Madya
Bidang Penelitian : Agronomi
E mail : rahayu_yusuf@yahoo.com

  Ir. Muji Rahayu, M.Si, lahir di Sidoarjo, 9 Januari 1964, mendapatkan gelar sarjana pertanian (Ir) jurusan agronomi tahun 1988 pada Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta,  kemudian mendapatkan  gelar Magister Sains (M.Si) dari Universitas Mataram  bidang  Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering, tahun 2007.
Yang bersangkutan diangkat sebagai peneliti pada tahun 1990 di Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Tanaman Serat Malang yang dipekerjakan pada Proyek NTASP sehingga awal karier sebagai peneliti banyak menulis tentang pertembakauan di NTB. Sejak Tahun 1995 hingga sekarang, setelah terbentuknya BPTP NTB maka yang bersangkutan memperkuat tim Peneliti yang ada di BPTP NTB dan banyak melakukan penelitian pada tanaman pangan dan hortikultura dan mempublikasikannya keperbagai bentuk publikasi baik lokal maupun nasional.  Keterlibatan dalam kegiatan ilmiah seperti pendidikan  dan pelatihan jangka pendek, studi banding dan conferences   di bidang manajemen pertanian, manajemen riset, marketing produk hortikultura dan teknologi terbaru tentang produksi tanaman juga banyak diikuti,  baik di dalam negeri maupun luar negeri diantaranya adalah ke beberapa negara di Asia Tenggara, Australia dan India.   Pengalaman terbaru yang diperoleh dari mengikuti short course di India, banyak menginspirasi yang bersangkutan dalam menyikapi dan memperbaiki metode pengkajian di lapangan untuk tujuan peningkatan taraf hidup petani di pedesaan.

Publikasi :

Penulis Pertama/Utama :

  1. Effects of Pruning and Fertilizing on Production and Quality of Mango Cultivar Gedong Gincu in West Nusa Tenggara Province - Indonesia
  2. Ecotourism at Nuraksa Forest Park Area of West Lombok - Indonesia

 

 

Web Analytics