Baiq Tri Ratna Erawati, SP, MSc

Pin It

 


 

Nama : Baiq Tri Ratna Erawati, SP, MSc
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S2
Jabatan : Peneliti Ahli Muda
Bidang Penelitian : Budidaya Tanaman
E mail : triratnae@yahoo.com;  bq.erawati@yahoo.com

  Baiq Tri Ratna Erawati, SP, MSc, menyelesaikan pendidikan S1 (SP) dari Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Institut Pertanian”STIPER” Yogyakarta pada tahun 1996, dan menyelesaikan pendidikan S2 (MSc) bidang agronomi, pada tahun 2009, di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Yang bersangkutan diangkat sebagai peneliti pada tahun 2002 dalam bidang budidaya tanaman. Selama ini menangani tanaman pangan dan hortikultura, khususnya jagung, kacang tanah, dan pisang. Kegiatan penelitian yang telah dilaksanakan antara lain;  i)  pengembangan Sistem Usaha Pertanian (SUP) jagung di Sumbawa  (1997-2000) yang kemudian salah satu komponen teknologinya banyak diadopsi petani sampai saat ini adalah Budidaya Jagung dan relay jagung dengan kacang hijau, ii) pengembangan jeruk dataran tinggi sembalun (2002),  iii) pengembangan Agribisnis Pisang Lahan Kering yang komponen teknologinya banyak diadopsi petani adalah Teknologi Budidaya Pisang dan Teknologi Pembibitan Pisang dari Bonggol, iv) Uji multi lokasi jagung yang bekerjasama dengan peneliti Balitsereal Maros sampai menghasilkan beberapa varietas unggul baru, v) Sekolah Lapang  Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT)  Jagung (2010-2012), dan  Scalling Up kacang tanah yang merupakan kegiatan kerjasama antara BPTP NTB dengan Australia (ACIAR) pada tahun 2010-2011.
Lebih dari 30 judul karya tulis ilmiahnya telah dipublikasikan baik sebagai penulis utama maupun co-auther yang diterbitkan dalam berbagai prosiding, brosur, liptan, poster, maupun bulletin.

 

Publikasi :