Peneliti Ahli Pertama

Fitria Zulhaedar, SP

 


 

Nama : Fitria Zulhaedar, SP
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S1
Jabatan : Peneliti Ahli Pertama
Bidang Penelitian : Konservasi tanah dan air
E mail : liayu_84@yahoo.com

  Fitria Zulhaedar, SP. lahir di Narmada pada tanggal 23 September 1984. Menyelesaikan pendidikan SD di SDN Peresak Narmada pada tahun 1996, SMP di SLTPN 1 Narmada tahun 1999, dan SMA (jurusan IPA) di SMAN 1 Narmada pada tahun 2012. Mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (SP) bulan Mei 2006 pada jurusan ilmu tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Tahun 2007 lulus menjadi pegawai negeri sipil di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Dompu dan ditempatkan di Bidang Produksi Hortikultura hingga bulan Januari tahun 2012. Sejak Januari 2012 hingga saat ini bertugas di BPTP NTB tergabung kedalam kelompok pengkajian Sumber Daya Pertanian (SDP). Yang bersangkutan terlibat dalam beberapa kegiatan pengkajian diantaranya pengkajian pola tanam di lahan tadah hujan dengan pengairan sumur dangkal untuk mengantisipasi perubahan iklim di NTB, pewilayahan komoditas pertanian berbasis Agro Ecology Zone, pengembangan sistem pertanian terpadu lahan kering iklim kering (SPTLKIK), dan Model Percepatan Pembanganunan Pertanian Berbasis Inovasi di Lahan Kering Iklim Kering Nusa Tenggara Barat. Beberapa karya tulis ilmiahnya telah dipublikasikan baik sebagai penulis utama maupun co-auther yang diterbitkan didalam prosiding, buletin, maupun poster.

 

Publikasi :

 

 

Sylvia Kusumaputri Utami, S.P., M.Sc.

 


 

Nama : Sylvia Kusumaputri Utami, S.P., M.Sc.
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S2
Jabatan : Peneliti Ahli Pertama
Bidang Penelitian : Sosial Ekonomi Pertanian
E mail : sylvia.utami@ymail.com

  Sylvia Kusumaputri Utami, S.P., M.Sc., lahir di Mataram tanggal 11 Juli 1987. Menyelesaikan S1 di Fakultas Pertanian Universitas Mataram program studi agribisnis dan memperoleh gelar Sarjana Pertanian pada tahun 2009. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta jurusan Sosial Ekonomi dan memperoleh gelar magister pada tahun 2012. Yang bersangkutan mulai berkarir di BPTP NTB tahun 2011, dan terlibat dalam beberapa kegiatan pengkajian.

 

Publikasi :

 

 

Eka Widiastuti, SP

 


 

Nama : Eka Widiastuti, SP
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S1
Jabatan : Peneliti Ahli Pertama
Bidang Penelitian : Budidaya Pertanian
E mail : -

  Eka Widiastuti, SP lahir di Bima, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 26 April 1982. Menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Bima, selanjutnya diterima di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, lulus pada tahun 2005 dengan gelar Sarjana Pertanian S-1 dari jurusan Budidaya Pertanian. Pada tahun 2009 diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil di BPTP Jawa Timur sebagai staf peneliti pada kelompok pengkajian (Kelji) Sumber Daya Alam (SDA) dan sejak Januari 2012 mulai bertugas di BPTP NTB dibawah naungan kelompok pangkajian (Kelji) Budidaya Pertanian. Mempublikasikan beberapa tulisan ilmiah dalam prosiding seminar nasional.

 

Publikasi :

 

 

Fitrahtunnisa, S.Pd, M.Si.

 


 

Nama : Fitrahtunnisa, S.Pd, M.Si..
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S2
Jabatan : Peneliti Ahli Pertama
Bidang Penelitian : Bioteknologi Pertanian
E mail : -

  Fitrahtunnisa, S.Pd, M.Si., lahir di Bima pada tanggal 13 November 1981. Mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) pada tahun 2003 pada Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan MIPA Universitas Mataram. Kemudian pada tahun 2004 melanjutkan studi dan mendapatkan gelar Magister Sains (M.Si) di bidang Bioteknologi Pertanian di Universitas Udayana pada tahun 2006.
Yang bersangkutan diangkat sebagai calon peneliti di lingkup Litbang Kementrian Pertanian pada tahun 2008 dan ditempatkan di Balai Penelitian Ternak (BALITNAK) Bogor. Setahun kemudian pada tahun 2009 dipindahkan ke Balai Besar Bioteknologi Sumber Daya Genetik Pertanian (BB BIOGEN) Bogor pada kelompok peneliti (Kelti) Sumber Daya Genetik. Selama di Bogor yang bersangkutan aktif dalam kegiatan penelitian yang bergerak di bidang kultur jaringan dan pengelolaan plasma nutfah SDG, baik penelitian in-house di BB Biogen sendiri maupun penelitian kerjasama dengan Balitnak. Selain itu, selama di BB Biogen yang bersangkutan juga aktif di NISM (National Information Sharing Mechanism). Kemudian di penghujung tahun 2010 diizinkan untuk kembali membangun daerahnya dengan pindah ke BPTP NTB. Di BPTP NTB melaksanakan kegiatan dan laporan pengkajian serta pengembangan iptek sesuai dengan bidang kepakarannya di bawah bimbingan dan pembinaan.

 

Publikasi :

 

 

I Putu Cakra Putra A. SP., MMA

 


 

Nama : I Putu Cakra Putra A. SP., MMA
Unit Kerja : BPTP Nusa Tenggara Barat
Pendidikan : S2
Jabatan : Peneliti Ahli Pertama
Bidang Penelitian : Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)
E mail : -

  I Putu Cakra Putra A. SP.MMA. lahir di Mataram, 4 Oktober 1977, mendapatkan gelar sarjana pertanian (SP) jurusan Sosial Ekonomi Pertanian tahun 2000 pada Fakultas Pertanian, Universitas Mataram,  kemudian mendapatkan  gelar Magister Manajemen Agribisnis (MMA) dari Universitas Udayana  bidang Manajemen Agribisnis, tahun 2004.
Yang bersangkutan diangkat sebagai PNS pada tahun 2005 di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB yang dipekerjakan sebagai peneliti banyak menulis tentang manajemen strategi, Curahan Waktu Kerja analisis kelayakan usahatani, efisiensi penggunaan saprodi dan pemasaran Jagung, Sapi, cabe, mangga, rambutan di NTB dan mempublikasikannya ke berbagai  publikasi baik lokal maupun nasional.  Pernah mengikuti  kegiatan  pendidikan dan pelatihan jangka pendek di bidang manajemen agribisnis di Thailand.

 

Publikasi :