Berita

Siswa SMKN 1 Sakra Melaksanakan PKL pada Pembibitan Ayam KUB

Pin It

Siswa SMKN Negeri I Sakra Lombok Timur sebanyak 4 orang mulai melaksanakan Praktek Kerja  Lapangan (PKL) selama 3 bulan di Balitbangtan BPTP NTB. Sesuai dengan ilmu yang mereka pelajari yaitu Agribisnis Ternak Unggus, sehingga diarahkan melaksanakan praktik pada Pembibitan Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB). Kehadiran mereka di hari kedua (Jum’at 10 Januari 2020) mendapatkan penjelasan terkait dengan apa yang akan dipelajari disampaikan oleh Kasi KSPP (Dr. Sasangko WR, bersama Penyuluh Pertanian (Ir. Kaharudin) dan mahasiswa Fakultas Peternakan UNRAM yang sedang melaksanakan magang.

Disampaikan bahwa BPTP NTB mengharapkan agar siswa-siswa dapat  mempelajari tentang teknologi pertanian khususnya pada pembibitan ayam KUB.   Setiap siswa selama berada di lingkungan Kantor BPTP NTB agar disiplin, rajin dan mengikuti arahan yang diberikan serta menghormati pembimbing. Selama PKL, siswa akan mempelajari teknologi manajemen pemeliharaan ayam KUB, kesehatan ayam, penetasan telur ayam, dan Biosecurity.

Lebih lanjut KSPP mengharapkan agar siswa benar-benar serius menyimak ilmu yang dipelajari serta menjaga kebersihan lingkungan. Masing-masing siswa akan mendapatkan bimbingan  penyuluh dan  peneliti sesuai dengan bidang keahliannya, pada akhir PKL semua siswa akan mempresentasikan pengetahuan yang sudah diperoleh dan membuat laporan.

Setelah mendapatkan arahan para siswa melakukan pengenalan lingkungan kandang ayam KUB yang dsampiakan oleh Ir. Kaharudin dan Farida Mayang SPt. (M. Faesal Matenggomena)