Berita

Pentingnya Dukungan Kepala Daerah Untuk Melindungi Varietas Lokal

Pin It

Pelestarian varietas lokal harus menjadi perhatian kita bersama agar tidak diklaim oleh negara lain  sebagai miliknya, sehingga perlu didaftarkan agar menjadi hak paten milik daerah. Balitbangtan BPTP NTB akan membantu pemerintah daerah dalam proses pendaftaran  agar diterbitkannya sertifikat oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian, demikian yang disampaikan oleh Fitrahtunisa MSi (Peneliti BPTP NTB) pada saat evaluasi  kegiatan percepatan pendaftararan varietas lokal tahun 2019 di ruang utama Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi NTB pada Jum’at 11/12/2019.

Untuk melindungi verietas lokal diperlukan beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu pendaftaran semua varietas lokal baik tanaman pangan, hortikultura, maupun tanaman perkebunan; pelepasan varietas dan sertifikasi Hak Perlindungan Varietas Tanaman. Untuk mempercepat proses pendaftaran maka diperlukan dukungan dari Kepala Daerah Kabupaten/Kota.

“Jumlah varietas lokal yang telah didaftar selama tahun 2019 sebanyak 17 varietas yang terdiri dari tanaman pangan, tanaman buah-buahan, serta tanaman hortikultura dan akan mendapakan sertifikat Hak PVT dalam waktu dekat”, tambah Fitrah.

Acara evaluasi dibuka secara resmi oleh Kepala BPSB-P yang diwakilkan kepada Kasubag TU,  dihadiri oleh Tim SDG dari BPSB, Fungsional BPTP NTB dan Penyuluh Pertanian provinsi NTB. Dalam kesempatan ini juga  dilaksanakan  sosialisasi panduan penggunaan aplikasi pendaftaran varietas secara on line oleh Fitrahtunisa, aplikasi tersebut mulai  gunakan tahun 2020. (M. Faesal Matenggomena)