Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

300 Teknologi Inovatif
Tekno Inovatif
ktt

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita


Pelestarian Sumber Daya Genetik Lokal PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M.F Matenggomena dan Nurul Agustini   
Selasa, 19 Maret 2019 07:28

Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga dan melindungi keanekaragaman  sumber daya genetik (SDG) lokal  agar tetap lestari, maka BPTP Balitbangtan NTB dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA)  Provinsi NTB bekerjasama untuk melaksanakan Focus Group Discusion (FGD)  pengelolaan Sumber Daya Genetik (SDG)  Senin (11/03/2019) bertempat  di ruangan BAPEDA Provinsi NTB.

Pembukaan oleh sekretaris BAPEDA Provinsi NTB Drs. Sigit Catur Prasetya ,SE. Agenda utama kegiatan tersebut dalam rangka mengiventarisir tanaman varietas lokal potensial yang akan didaftarkan dan dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. FGD dihadiri oleh 50 orang peserta dan pemateri dari  Bapeda Prov. NTB, Kepala Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian (PPVTPP), BBP2TP, PLH Kepala BPTP Balitbangtan NTB, akademisi, Dewan Riset Daerah serta peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Dalam sambutannya Sekretaris BAPEDA menyampaikan bahwa pelestarian Sumber Daya Genetik lokal mempunyai arti penting terutama untuk mendukung kebutuhan pangan.  Untuk mengelola dan mengembangkan SDG lokal tersebut, pemerintah daerah telah menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi dan BPTP Balitbangtan NTB. Upaya pelestarian ini juga tertuang dalam RPJMD pemerintah daerah NTB 2018-2023 dengan slogan NTB Asri dan lestari.

Pada kesempatan yang sama,  penanggung jawab kegiatan Fitrahtunisa MSi  menyampaikan bahwa pelestarian terhadap sumber daya genetik tanaman telah dilakukan sejak tahun 2013 dimana BPTP Balitbangtan NTB telah menginventarisasi dan mendokumentasi data SDG sebanyak 100 varietas tanaman pangan dan holtikultura, koleksi dan konservasi baik secara in situ maupun ex situ. Dilanjutkan dengan  pendaftaran ke PPVTPP pada tahun 2017-2018 sebanyak 35 varietas.

Varietas lokal adalah varietas yang telah ada dan dibudidayakan secara turun temurun oleh petani, serta menjadi milik masyarakat dan dikuasai negara.   Varietas lokal sebagai sumber keragaman genetik sangat penting untuk didaftarkan karena pemerintah berkewajiban memberikan penamaan pada varietas lokal. Setelah terdaftar,  akan melanjutkan dengan pemanfaatan dan pengembangan sumber daya lokal.  (M.F Matenggomena dan Nurul Agustini).

 
Sinkronisasi Hasil-Hasil Litkaji Dan Programa Penyuluhan Pertanian Di Kabupaten Lombok Barat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh H.Sahram   
Selasa, 19 Maret 2019 07:20

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Barat berperan menyediakan informasi inovasi pertanian  sebagai media percepatan hilirisasi inovasi pertanian hasil Balitbangtan. Agar program pembangunan pertanian yang ada pada dinas berbasis inovasi, maka perlu diselaraskan dengan issue-issue strategis pengembangan inovasi hasil pengkajian dengan melihat potensi dan kemampuan wilayah yang spesifik lokasi untuk dijadikan programa penyuluhan pertanian di tingkat Provinsi.

Tahun 2019 BPTP Balitbangtan NTB akan melaksanakan kegaiatan Sinkronisasi Hasil-Hasil Litakaji dan Programa pusat dan daerah. Agar teknologi hasil Litkaji dapat di dikembangkan di daerah NTB, BPTP Balitbangtan NTB melakukan upaya penyesuaian programa pertanian pusat dengan rencana  programa penyuluhan pertanian di tingkat Provinsi/ Kabupaten/kota. Dalam rangka tersebut BPTP NTB perlu  berkoordinasi serta mensinkronisasi dengan Dinas Pertanian Provinsi/Kabupaten/Kota. Pada Kamis (14/02/ 2019) BPTP Balitbangtan NTB telah melaksanakan pertemuan dan diskusi dengan Kepala Bidang penyuluhan dan para Penyuluh Pertanian   Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat.  Selanjutnya tim BPTP Balitbangtan NTB melakukan pertemua serupa di tingkat UPTDPP Kecamatan Gerung pada Selasa (26/02/2019). Peserta yang hadir berjumlah  21 orang, terdiri dari Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten Lombok Barat, Penyuluh Provinsi NTB, Kepala Perpustakaan BPTP NTB, Penyuluh BPTP NTB, Kabid Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat, Kepala UPTTD se Kabupaten Lombok Barat.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Hasil – Hasil Litkaji BPTP – NTB  adalah: 1). Menyelaraskan program pembangunan pertanian dinas teknis dengan substansi programa penyuluhan pertanian tingkat Kabupaten Lombok Barat dan issue-issue strategis pengembangan inovasi hasil litkaji, 2). Memberi acuan penerapan inovasi melalui berbagai media dan metoda, yang mudah diadopsi oleh pengguna (pelaku utama, pelaku usaha dan stakeholder), dan 3). Menyusun matriks programa penyuluhan di tingkat Kabupaten Lombok Barat.  Dengan disusunnya matriks programa penyuluhan tersebut, maka diperoleh bahan untuk merencanakan temu aplikasi paket teknologi pertanian, temu teknis inovasi pertanian, kaji terap inovasi teknologi dan display hasil inovasi pertanian. (H.Sahram)

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com