Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

ktt
Tekno Inovatif
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita


BPTP Balitbangtan NTB Menjadi Sumber Ilmu Pertanian Bagi Mahasiswa PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M.F Matenggomena   
Minggu, 03 Juni 2018 16:59

Balai Pengkajian Teknologi Petanian (BPTP) Balitbangtan NTB menyiapakan berbagai inovasi teknologi pertanian hasil pengkajian spesifik lokasi yang telah banyak diadopsi oleh petani di NTB, sehingga menjadi sumber rujukan ilmu tentang teknolog pertanian. Hal tersebut menarik minat 23  orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Ilmu Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Mataram (Unram). Kunjungan ke BPTP Balitbangtan NTB pada Kamis  17 Mei 2018 dalam rangka pelaksanaan praktikum mata kuliah tersebut; yang sekaligus praktik jurnalistik.

Menurut Koordinator mahasiswa Abdullah Satriawan tujuan mereka berkunjung adalah  mendapatkan  informasi inovasi pertanian yang telah dihasilkan dan dikembangkan oleh BPTP Balitbangtan NTB.   Informasi yang didapatkan akan menjadi bahan tulisan yang akan dipublikasikan dalam Blog website individu masing-masing mahasiswa. “Mereka dapat memilih bahan tulisan teknologi pertanian yang menjadi minatnya, ”, ujar Abdullah.

Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir M. Saleh Mokhtar dalam sambutannya menyampaikan bahwa beberapa inovasi teknologi hasil pengkajian telah didiseminasikan kepada masyarakat NTB untuk  mendukung program strategis nasional  antara lain  teknologi Jarwo Super, perbenihan bawang putih yang ditanam di luar musim, menanam  biji bawang merah melalui teknologi TSS dan  teknologi  budidaya berbagai jenis sayuran, dalam memanfaatkan pekarangan rumah.  Disamping itu ada kegiatan yang menyangkut ternak yaitu ayam kampung unggul (KUB) yang diusahakan oleh peternak skala kecil. Pasar ayam KUB terutama adalah untuk memenuhi kebutuhan kuliner ayam taliwang yang merupakan masakan primadona parawisata di NTB; hal ini menyababkan permintaan ayam kampung sangat tinggi.

Dalam  BPTP Balitbangtan NTB juga telah mengembangkan teknologi ayam kampung unggul Badan Litbang Pertanian (KUB)  untuk memenuhi permintaan ayam taliwang lokal. “ Pada tahun ini BPTP NTB berpartisipasi pada program pemerintah  pengentasan kemiskinan melalui Bedah  Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) melalui pemberian ayam  kampung kepada petani miskin sebanyak 658.000 ekor berupa Day Old Chicken (DOC)

Untuk memperkaya informasi inovasi pertanian, maka para mahasiswa diperkenan untuk berkunjung untuk melihat berbagai hasil pengkajian di kebun percobaan dan visitor plot yang didampingi oleh Kepala Seksi Pelayan dan Pengkajian bersama peniliti, penyuluh yang berkompeten sekaligus sebagai narasumber untuk menggali informasi.(M.F Matenggomena)

 
Pengetahuan Dan Sikap Penyuluh Terhadap Teknologi Pertanian Meningkat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M.Faesal Matenggomena dan Nurul Agustini   
Kamis, 31 Mei 2018 16:09

Peran penyuluh pertanian sangat penting dalam menyebarkan inovasi teknologi pertanian kepada petani. Dalam hal ini Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP ) Balitbangtan NTB melaksanakan kegiatan temu teknis mendukung pengembangan komuditaas hortikultra di NTB, dengan kegiatan tersebut diharapkan  pengetahuan dan sikap penyuluh pertanian terhadap inovasi teknologi dapat meningkat. Pertemuan tersebut telah dilaksanakan pada Bulan April 2018 di Hotel Aston Mataram dengan menghadirkan penyuluh pertanian se-Pulau Lombok dan Pengurus Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) NTB.

Temu teknis adalah forum pertemuan antara peneliti, penyuluh, pertanian Balitbangtan NTB dengan penyuluh/petugas pertanian lapangan dalam rangka mengkomunikasikan dan mensosialisasikan program strategis Kementerian Pertanian khususnya inovasi teknologi  hasil pengkajian BPTP Balitbangtan NTB yang prospektif untuk diterapkan oleh petani. Materi yang disampikan tentang teknologi Komuditas holtikultura diantaranya bawang merah, bawang putih dan cabai dengan nara sumber dari Balai Penelitian sayuran, , akademisi dari Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov.NTB dan peneliti maupun penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Menurut Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir. M. Saleh Mokhtrar dalam sambutannya menyampaikan bahwa inovasi teknologi  hasil pengkajian berperan sangat penting dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman pangan dan holtikulutra di NTB yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahtaraan petani. “ Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi sentra produksi perbenihan bawang putih untuk mendukung swasembada 2021  dan penghasil  bawang merah di Indonesia, dalam hal ini BPTP Balitbangtan NTB berperan menyiapkan inovasi teknologi budidaya tanaman hortikultura spesifik lokasi”, ujar Saleh.

Selanjutnya Kepala Balai menyampaikan “karena pentingnya peranan komuditas holtikultura di NTB maka perlu dilaksanakan temu teknis untuk menjaring umpan balik dan mengidentifikasi teknologi yang dibutuhkan agar dapat dijadikan rekomendasi teknologi bagi penyuluh Partanian di NTB.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama dilaksanakan pelantikan pengurus dan anggota Perhimpunan Agronomi Indonesia ( PERAGI) Komisariat Daerah NTB masa bakti 2018-2021 oleh pengurus PERAGI pusat Dr. Rusnadi Tanjung.(M.Faesal Matenggomena dan Nurul Agustini).

 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com