Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

phslb
Tekno Inovatif
ktt
ePetani

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

M-KRPL
M-KRPL PDF Cetak E-mail

Lahan pekarangan memiliki fungsi multiguna, karena dari lahan yang relatif sempit bisa menghasilkan bahan pangan seperti umbi-umbian, sayuran, buah-buahan; bahan tanaman rempah dan obat, bahan kerajinan tangan; serta bahan pangan hewani yang berasal dari unggas, ternak kecil maupun ikan. Manfaat yang diperoleh dari pengelolaan pekarangan antara lain dapat memenuhi kebutuhan konsumsi dan gizi keluarga, menghemat pengeluaran harian rumah tangga, dan memberikan tambahan pendapatan. Manfaat tersebut akan dapat diperoleh apabila pekarangan dirancang, direncanakan dan dikelola dengan baik.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mengharapkan agar potensi lahan pekarangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilar yang dapat diupayakan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga, baik bagi rumah tangga di perdesaan maupun di perkotaan dengan mengembangkan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) secara nasional.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Nusa Tenggara Barat sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di NTB, memiliki peran strategis dalam mendukung pengembangan M-KRPL di NTB. Penerbitan Petunjuk Teknis M-KRPL ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam pemanfaatan pekarangan dengan mendayagunakan teknologi hasil penelitian dan kearifan lokal secara optimal dan lestari di NTB.

 

Petunjuk Teknis M-KRPL

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com