Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

ktt
ePetani
phslb
Tekno Inovatif

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Kunjungan TK PLUS PG & PENITIPAN “Khalifah” Kebunsari Ampenan – Mataram Di BPTP NTB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Totok B Julianto dan Farida Sukmawati M   
Jumat, 08 Februari 2013 09:27

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan anak pada usia dini sekaligus merealisasikan program sekolah, maka Pendiddikan Anak TK PLUS PG & PENITIPAN “Khalifah” Ampenan- Mataram, pada Kamis,  (07/02/2013) mengunjungi BPTP NTB.  Sebanyak 30 murid yang di dampingi oleh Kepala Sekolah dan beberapa guru, langsung di bawa menuju Kebun Percobaan.

Diawali dengan kunjungan pada Kebun Bibit  Induk (KBI); diharapkan bisa memperkenalkan pada anak-anak tentang macam-macam sayuran dan budidaya yang berada di KBI (Kebun Bibit Induk), dengan konsep Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) salah satu kegiatan yang saat ini dikembangkan oleh BPTP NTB yaitu dengan memanfaatkan pekarangan lahan sempit untuk menanam berbagai macam sayur-sayuran.

Penjelasan lebih rinci disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan dan anggota tim lainnya tentang aneka macam tanaman sayuran dan cara membudidayakannya di KBI.  Dijelaskan bahwa ini merupakan salah satu strategi mengatasi masalah ketahanan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat yang masih rendah yaitu memanfaatkan lahan pekarangan lahan sempit dengan menanam berbagai tanaman sayuran dalam satu lokasi untuk memenuhi kebutuhan gizi skala rumah tangga. Dengan adanya aneka macam tanaman pangan bisa memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga.  Diinformasikan pula tentang pola konsumsi pangan beragam, bergizi berimbang dan aman kepada anak usia dini agar memahami pola konsumsi pangan yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat.

Setelah meninjau kebun sayur-sayuran, rombongan melanjutkan meninjau Visitor Plot Aneka ternak di KP (Kebun Percobaan) BPTP NTB  yang terdapat berbagai macam ternak seperti ternak sapi Bali, kambing (PE, Boer, Lokal), ayam KUB (Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian), ayam Arab dan berbagai jenis tanaman pakan ternak.  Para siswa siswi TK (taman kanak-kanak) sangat antusias melihat berbagai macam aneka ternak tersebut.  Mereka saling berebut berpartisipasi untuk memberi  makan pada ternak sapi dan kambing dengan menggunakan daun turi, daun gamal dan daun kelor.  Dipandu langsung oleh penanggungjawab visitor plot BPTP NTB, Totok B Julianto. S.Pt,  Ir. Kaharudin dan Farida Sukmawati, S.Pt.  Visitor  plot aneka ternak menggambarkan kondisi peternakan yang memanfaatkan lahan sempit  dengan memelihara berbagai macam aneka ternak, yang dapat memenuhi gizi rumah tangga dan untuk mendukung perekonomian skala rumah tangga.

Kegiatan ini dirasa cukup bermanfaat dalam  memperkenalkan kepada anak- anak  usia dini pada berbagai  jenis tanaman dan ternak sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi mereka. Mereka juga bisa mengetahui berbagai sumber gizi yang dibutuhkan oleh tubuh  untuk hidup sehat,  gizi  seimbang  dapat diperoleh dari berbagai jenis tanaman dan ternak yang mereka lihat. (Sumber : Totok B Julianto dan Farida Sukmawati M).

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com