Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

ktt
300 Teknologi Inovatif
Tekno Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita

Berita Lainnya
Bimtek Petani Milenial Bekerjasama Dengan Puslitbangtan PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M. Faesal Matenggomena   
Senin, 23 September 2019 06:19

Petani milenial memiliki potensi untuk memajukan pertanian berkelanjutan. Petani milenial merupakan generasi muda yang akan mengelola pertanian secara moderen sesuai perkembangan zaman. Untuk itu,  BPTP Balitbangtan NTB bekerjasama dengan Pusat Penelitan dan Pengembangan Tanaman Pangan melaksanakan bimbingan teknis bagi para petani muda yang menjadi pelaku dibidang pertanian, Plh kepala Balai Dr. Ir. Sasongko Wr. MSc dalam pembukaan Bimbingan Teknik Petani Milenial dengan jumlah peserta 50 orang pada Rabu 18/9/2019 di Aula Kantor BPTP Balitbangtan NTB.  Dihadiri oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Penyuluh BPP (UPTD),  peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Kabid Tanaman Pangan Provins NTB  Bapak Edi Purwanto dalam arahannya menyampaikan bahwa pemerintah  Provinsi NTB ingin merubah masyarakat tani NTB menjadi petani modern dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia baik melalui media internet maupun informasi langsung dari BPTP Balitbagngtan NTB yang telah menyiapkan teknologi pertanian. Dalam hal ini peran pemuda tani sangat penting memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembangunan pertanian modern, dan mengganti peran petani yang telah udzur yang masih menerapkan cara bertani secara konvesional. “Karena mudahnya akses teknologi, maka banyak peluang bagi petani muda untuk menjadi pengusaha sukses di bidang pertanian”, tambah Edi.

Dalam kesempatan yang sama Dr Agus W Anggara (Kabid KSPHP) mewakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan menyampaikan bahwa pemuda mampu merubah pertanian yang lebih baik dengan bekal ilmu serta menguasai informasi pertanian modern. Semakin lama teknologi semakin canggih maka petani muda harus bersaing untuk mengembangkan hasil pertanian. Kementerian pertanian terus menghasilkan dan mengembangkan berbagai teknologi pertanian diantaranya untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan dan peternakan,  penggunaan mesin pertanian yang efesien, dan berusaha mendorong industrialisasi hasil pertanian dalam negeri yang akan dikelola oleh pemuda milinial yang terampil.

Selama mengikuti Bimtek peserta mendapatkan beberapa informasi teknologi pertanian hasil pengkajian BPTP Balitbangtan NTB dan hasil penelitian  Puslitbangtan. Peserta Bimtek yang sebagian besar adalah petani muda dari wilayah Kabupaten di pulau Lombok, diberikan motivasi, semangat dan membuka wawasan untuk menjadi petani yang milenial yang inovatif. Informasi teknologi yang didapatkan antara lain terkait dengan teknologi padi, jagung, kedelai yang disampaikan oleh peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan NTB dan peneliti PPPTP Kemantan (M. Faesal Matenggomena).

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com