Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
300 Teknologi Inovatif
ktt

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Mahasiswa Unram Memperdalam Ilmu Teknologi Pertanian PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M. Faesal Matenggomena   
Selasa, 03 September 2019 06:45

Juma’at 30/8/2019 sebanyak 5 orang Mahasiswa Fakultas Pertanian Unram telah menyelesaikan PKL di BPTP Balitbangtan NTB. Sebagai bentuk evaluasi  maka pada setiap akhir pelaksanaan PKL diwajibkan untuk mempresentasikan hasil yang diperoleh selama melakukan praktek di lapangan. Selama pelaksanaan PKL mendapat pendampingan dari Ketua Kelji Budidaya  Bq. Nurul Hidayah SP, MSi, MSc. Penyampaian hasil PKL dihadiri oleh  peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan NTB.

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapang bagi  Mahasiswa Universitas Mataram  selama sebulan (22 Juli-23 Agustus) untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang teknologi pertanian. Disampaikan oleh Bq. Nurul Hidayah, SP, MSi, MSc bahwa pelaksanaan PKL mahasiswa Unram disesuaikan dengan Tupoksi BPTP Balitbangtan NTB yaitu melaksnakan pengkajian, sehingga mahasiswa dapat memulai untuk berlatih melakukan penelitian dan mempelajari permasalahan untuk dapat memberikan solusi melalui suatu penelitian.  Hasil  dituangkan dalam laporan dan dipresentasikan pada hari ini.

Muhammad Firman Azahari, salah satu mahasiswa menyampaikan bahwa melalui  praktek kerja lapangan di BPTP Balitbantn NTB dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, meningkatkan pengetahuan mahasiswa baik dalam hal keilmuan terutama di bidang pertanian meningkat dan memberikan wawasan yang lebih luas dari apa yang diperoleh di kampus.  Firman juga menyampaikan bahwa BPTP merupakan lembaga pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian telah berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas dari sumber daya pendukung, sehingga diperlukan regenerasi yang dapat melanjutkan setiap perkembangan guna mendukung pembangunan pertanian yang berkelanjutan

Hasil penelitian yang dipaparkan berjudul Analisis Kadar Korofil dan Prolin pada Tanaman Bawang Putih yang Terserang Penyakit, Pengaruh Perlakuan Penyimpanan Pada Benih Bawang Merah (Allium cepa)  Untuk Memecah Dormansi Dalam Rangka Menunjang Ketersediaan Benih Untuk Mendukung Program Obor Pangan Lestari, Penyakit White Rot pada Tanaman Bawang Putih yang Disebabkan oleh Patogen Sclerotica cepivorum di Daerah Sembalun.  Selesai  presentasi, maka mahasiswa Unram  secara resmi dapat kembali melaksanakan aktivitas di Kampus, pelapasan mahasiswa dipimpin oleh Kepala Laboratorium Diseminasi yang   menjabat sebagai Plh KSPP, Ir. Kaharudin untuk kembali ke kampusnya. (M. Faesal Matenggomena)

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com