Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
300 Teknologi Inovatif
ktt

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Temu Lapang Dan Panen Bawang Putih Di Sembalun PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M.Faesal Matenggomena   
Jumat, 30 Agustus 2019 09:21

Untuk mendukung tersedianya benih bawang putih di  Provinsi NTB, BPTP Balitbangtan NTB telah melaksanakan pengkajian teknologi  “Sistem produksi benih bawang putih di dataran tinggi dan medium”. Hasil kajian telah didiseminasikan kepada masyarakat sekaligus untuk memperoleh umpan balik melalui Temu Lapang dan Panen pada Rabu 14/08/2018 di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan sembalun Lombok Timur. Acara dihadiri oleh Asisten II yang mewakili Bupati, Kepala BPSB Provinsi NTB, Dinas Pertanian, Dinas pertanian Kabupaten Lombok Timur, Plh Kepala BPTP Balitbangtan NTB, petani Desa Sembalun, PPL Kecamatan Sembalun, PPL Kabupaten Lombok Barat (PERHIPTANI), dan peneliti, penyuluh BPTP Baltbangtan NTB.

Plh. Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr. Ir. Sasongko WR MSi dalam laporannya menyampaikan bahwa kebutuhan bawang putih masyarakat cukup tinggi, sedangkan produksi bawang putih hanya dapat terpenuhi sekitar 4,24%. Data Kementerian Pertanian mencatat konsumsi bawang putih nasional 2017 mencapai 482.190 ton sementara produksi dalam negeri hanya 20.460 ton. Rendahnya produksi salah satu penyebabnya adalah pengunaan benih berkualitas. Benih yang tersedia dan yang digunakan petani tidak dapat diyakini kualitasnya karena umumnya adalah benih yang dihasilkan sendiri dan belum memenuhi persyaratan benih (sertifikasi).

Lebih lanjut Kepala BPTP menjelaskan bahwa untuk menjalankan fungsi pelayanannya BPTP Balitbangtan NTB melaksanakan pengkajian teknologi spesifik lokasi diantaranya kegiatan pengkajian perbenihan bawang putih di dataran tinggi dan medium  di Kabupaten Lombok Timur untuk mendukung  tersedianya kebutuhan benih di NTB. Dimana kegiatannya bertujuan untuk mendapatkan paket teknologi produksi benih bawang putih di dataran tinggi dan medium  dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  petani sebagai penghasil benih berkualitas secara mendiri.

Menurut penanggung jawab kegiatan Dr. Ir. H. Nazam, bahwa pelaksanaan pengkajian dilakukan pada lahan petani dataran tinggi Kecamatan Sembalun seluas 1, 25 ha  dan dataran medium 03 ha di Kecamatan Suela Lombok Timur. Rata-rata produktivitas bawang putih yang dihasilkan di dataran tinggi 20-25 ton/ha dan 13-15 ton /ha di dataran medium. Varietas yang ditanam terdiri dari varietas Sangga Sembalun, Lumbu Hijau, Lumbu Kuning, Lumbu Putih,  dan Tawamangun Baru.”Kendala yang dihadapi petani yan paling pokok adalah benih sehingga kemandirian benih harus dimulai dari petani sendiri dengan memilih benih yang baik dan mengadopsi teknoilogi budidaya perbenihan bawang putih”, demikian ditegaskan Nazam.

Dalam kesempatan yang sama Asisten II Bapak Sahabudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa dukungan `Lombok Timur dalam swasembada bawang putih secara nasional tahun 2021 dimana Sembalun menjadi pusat pengembangan bawang putih nasional. BPTP Balitbangtan sebagai lembaga pemerintah telah mengembangkan potensinya untuk melayani petani, untuk itu pemerintah Lombok timur mengapresiasi setiap kegiatan BPTP Balitbangtan karena dukungannya dalam meningkatkan produksi, produktivitas dan nilai tambah bagi petani.  (M.Faesal Matenggomena)

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com