Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

300 Teknologi Inovatif
ktt
Tekno Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita

Berita Lainnya
Selalu Siap Di Lapangan Pendamping Sebagai Ujung Tombak Kesuksesan Program Bekerja PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Rahmatullaila   
Kamis, 24 Januari 2019 11:05

Dua orang pendamping program BEKERJA Desa Kateng memperoleh reward (penghargaan) dari Koordinator Lapangan Dr. Nurul Hilmiyati dan Rahmatullaila, MSi, berupa souvenir (cendera mata).  Pemberian ini didasarkan pada keberhasilan  mendampingi RTM (Rumah Tangga Miskin)  dalam menekan tingkat kematian ayam.  Dua pendamping  pada wilayah kerja  dengan tingkat kematian ayam  terendah yaitu Ibu Maya Husna dan Herni. Selain itu Reward    juga diberikan kepada pendamping yang aktif berkonsultasi pada kordinator lapangan yaitu pak Khaeruddin,  serta Kordinator pendamping desa yang aktif  berkordinasi selama melaksanakan program BEKERJA. Penyerahan souvenir dilaksanakan di Desa Kateng  pada 23 Januari 2019.

Desa kateng adalah salah satu desa di Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah yang mendapatkan bantuan ayam KUB (kampung Unggul Badan Litbang) dari Program BEKERJA Kementerian Pertanian.  Pendamping Desa Kateng seluruhnya berjumlah  13 orang yang membantu Kordinator Lapangan  dari BPTP Balitbangtan NTB dalam melakukan pendampingan teknologi beternak ayam terhadap  773 RTM yang mendapat  bantuan ayam KUB.    Mereka telah  mendampingi  RTM selama kurang lebih 5 bulan sejak ayam diterima oleh RTM.

Disamping berperan sebagai penyampai teknologi, pendamping juga secara berkala melaporkan kondisi perkembangan ayam bantuan yang ada  RTM. Pelaporan  dilakukan setiap minggu pada hari Rabu, dengan menyampaikan jumlah kematian ayam, serta kondisi kesehatan ayam kepada BPTP Balitbangtan NTB melalui Kordinator Lapangan.  Bersama petugas kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah melakukan vaksinasi pada ayam-ayam yang dipelihara RTM, melaporkan kondisi kesehatan ayam, membantu pendistribusian pakan, vitamin dan obat-obatan agar sampai ke RTM.

Keberhasilan pelaksanaan Program #BEKERJA di tingkat lapangan merupakan hasil kerja keras  pendamping desa. Pendamping desa adalah ujung tombak menuju  suksesnya  program bedah kemiskinan ini,  karena merekalah yang berhadapan langsung dengan RTM dan segala persoalan yang terjadi.  Membantu RTM dalam memecahkan masalah melalui koordinasi dan konsultasi dengan kordinator lapangan. Dengan ilmu dan pengetahuan tentang beternak ayam KUB yang diperoleh dari bimbingan teknis (Bimtek) yang telah dilakukan berulang kali setidaknya dapat menjadi bekal untuk dapat mendapingi RTM dengan lebih baik.

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com