Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Berita

Berita Lainnya
Pembukaan Bimtek Bagi RTM Program #Bekerja PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh MF. Matenggomena   
Selasa, 27 November 2018 06:53

BPTP Balitbangtan NTB mengemban tugas  pelayanan kepada  masyarakat berupa pengembangan inovasi teknologi pertanian  dan peternakan spesifik lokasi serta mendesiminasikannya. Salah satu hasil produk peternakan Balitbangtan yang berhasil dikembangakn oleh BPTP Balitbangtan NTB yaitu ayam KUB.

Ayam KUB menjadi produk yang akan dikembangkan oleh 12.208 rumah tangga miskin (RTM)   di  Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) berbasis pertanian dari Kementerian Pertanian.  Dengan beragamnya kondisi RTM saat ini,  diperlukan upaya peningkatan pengetahuan  kepada RTM,  sehingga BPTP Balitbangtan NTB memandang perlu melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi 12.208 RTM.

Pada hari senin, 26/10/2018 dilaksanakan pembukaan BIMTEK di Desa Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah yang dihadiri oleh, Bupati Lombok Tengah yang diwakili oleh Asisten II, Penanggung jawab Program BEKERJA Kabupaten,  Kepala BPTP Balitbangtan NTB,perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB  kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah, perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah, Perwakilan RTM, Kepala Desa dan pendamping dari Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur serta Korlap BPTP Balitbangtan NTB. Bimtek tersebut akan dilaksanakan secar pararel  pada masing-masing desa dari  Bulan November- Desember 2018.

Menurut Kepala BPTP Balitbangtan NTB  DR. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP Program BEKERJA yang diluncurkan oleh Kemeterian Pertanian untuk mengentaskan kemiskinan  dengan memberikan lapangan usaha baru sebagai sumber pendapatan  bagi RTM. “masing-masing RTM  mendapatkan 50 DOC dan sampai pada tanggal 27 Oktober 2018 kami telah mendistribusikannya sebanyak 314.050 ekor DOC pada 6.281 RTM di Praya Barat serta akan terus didstribusikan ke wilayah Praya Timur,” ujar Saleh Mokhtar.

RTM yang telah mendapatkan DOC akan dilkukan pengawasan dan bimbingan oleh para pendamping desa sebanyak 209 orang bersama dengan koordinator lapangan dari BPTP Balitbangtan NTB, serta petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah.”Masyarakat Lombok Tengah patut berbahagia karena program BEKERJA hanya didapatkan di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur, sehingga kedepanya Kabupaten Lombok Tengah bisa dijuluki kabupaten ayam KUB karena berhasil mengembangkan dan memasarkan ayam KUB, “demikian Saleh Mokhtar menegaskan.

Acara Bimtek di buka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Lombok Tengah yang diwakili oleh asisten II Ir. Nasrun MM dan  dirangkaikan dengan penyematan tanda peserta serta penyerahan secara simbolis materi Bimtek kepada perwakilan RTM. Pada akhir acara, semua peserta diberi kesempatan melihat  pameran  inovasi teknologi hasil pengkajian BPTP Balitbangtan NTB dan ayam KUB di beberapa kandang RTM. (MF. Matenggomena)


 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com