Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
300 Teknologi Inovatif

Download

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Bimbingan Teknologi (Bimtek) Biosecurity Dalam Program #Bekerja NTB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh M.F. Matenggomena   
Selasa, 23 Oktober 2018 12:11

Biosecurity merupakan tindakan untuk melindungi kesehatan ayam dan lingkungannya. Tindakan  tersebut sebaiknya diterapkan dalam kegiatan pendampingan program BEKERJA. Untuk   melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis  Biosecurity  di Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur.  masing-masing kecamatan dilaksanakan selama 2 hari   8-9 Oktober 2018 untuk Kecamatan Praya Barat, selanjutnya pada 12-13 di Kecamatan Praya Timur.  Untuk wilayah Desa Mekarsari, Selong Belanak dan Mangkung, pelaksanaan Bimtek di Kantor Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat dengan nara sumber Dr drh, Heri kHoirudin  dari Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor.  Dihadiri oleh 68 orang peserta, terdiri terdiri dari pendamping RTM dan  RTM Desa Mangkung, Desa Mekarsari, Desa Selong Belanak, serta Penyuluh  BPTP Balitbangtan NTB.

Dr Heri  menyampaikan bahwa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ayam yaitu manajemen pemberian pakan dan minuman serta melakukan pencegahan dan penularan penyakit. Caranya pencegahan penyakit adalah dengan menjauhkan ayam dari sumber penyakit, antara lain dari ayam yang sakit, kotoran ayam yang sakit, dan serta sumber-sumber yang dapat menyebabkan stress pada. Upaya pencegahan  penyakit juga dapat dilakukan melalui vaksinasi dan pembersihan kandang, peralatan kandang serta lingkungan sekitar kandang secara rutin.

Selanjutnya untuk mengoptimalkan kebugaran ayam dapat dilakukan dengan cara pemberian makan yang cukup, mengurangi perlakuan terhadap ayam yang menyebabkan stres, memberikan kenyamanan dalam lingkungan.

Pada bagian akhir bimtek narasumber Bersama korlap melakukan evaluasi terhadap peserta untuk dapat mengetahui tingkat pemahaman   materi yang disampaikan. Disamping  untuk mengukur kemampuan pendamping dalam memberikan solusi atas permasalahan yang dihadpi sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki maupun mereka dapatkan selama mengikuti bimtek. (M.F. Matenggomena)

 

Video

Joomla Templates by JoomlaVision.com